Website Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Program Studi Manajemen Akuntansi Ilmu Ekonomi Magister

Selamat datang di website Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia - Informasi mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru UII 2011/2012 dapat diakses melalui www.pmb.uii.ac.id atau telepon (0274) 898444 ext. 1102
Perbaiki Perekonomian Indonesia dengan LKTI Ekonomi Islam
Monday, 02 April 2012
ImageSebagai wujud kepedulian terhadap perekonomian Indonesia saat ini, Prodi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi UII bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan  Ilmu Ekonomi (HMJIE) menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Ekonomi Islam Tingkat SMA dan Sederajat se-Indonesia. Kompetisi ini ditujukan bagi siswa SMA dan sederajat untuk melatih dan menyalurkan bakat siswa terutama dalam kegiatan penulisan akademik untuk menuangkan pemikirannya dalam menangani masalah isu ekonomi. Selain itu juga meningkatkan daya kritis siswa SMA dan sederajat terhadap isu ekonomi serta kebijakan pemerintah sehingga dapat menyumbangkan pikiran bagi kemajuan bangsa.
Secara teknis kompetisi ini dilakukan oleh tim yang beranggotakan  maksimal 3 orang dimana tim tersebut menyusun karya ilmiah dengan memilih 4 sub tema ekonomi islam yang telah ditentukan. Sementara puluhan karya tulis ilmiah dari berbagai SMA yang masuk, terpilihlah 10 karya ilmiah terbaik untuk dipresentasikan di hadapan juri pada hari Senin (12/3) di ruang sidang utama kampus FE UII.  Ketiga juri tersebut adalah akademisi dosen Ilmu Ekonomi FE UII yang berkompeten di bidang ekonomi Islam, antara lain Heri Sudarsono, SE, M.Sc, MB.Hendrianto, SE, M.Sc dan Priyonggo Suseno, SE, M.Sc.
 
Ketua prodi Ilmu Ekonomi Drs. Suharto,M.Si dalam sambutannya mengungkapkan bahwa lomba ini diselenggarakan secara regular atau setiap tahun sekali dengan harapan mendapatkan pemikiran-pemikiran baru dari intelektual muda untuk memperbaiki perekonomian di Indonesia. Dengan alasan tersebut Prodi Ilmu Ekonomi berusaha memberikan wahana untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran tersebut.
 
Presentasi 10 tim dari berbagai SMA dan sederajat tersebut berakhir pukul 15.00 wib dan menghasilan juara pertama yang diraih oleh SMAN 4 Yogyakarta dengan judul karya tulis “Meningkatkan Pendapatan Per Kapita Masyarakat dengan Perbankan Syariah”. Karya tersebut disusun oleh Laila Firdausi Wahidah, Novi Ismah Kamilia dan Belladona Chairini. Juara Kedua diraih oleh  MAN 1 Yogyakarta dengan judul karya tulis “Pola relasi saling menguntungkan antara BMT dan Bank Syariah dalam Mengentaskan Kemiskinan Melalui Pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah” yang disusun oleh Unaisah, Rachmad Setiawan AP dan Sri Sapriani Desi. Sedangkan Juara Ketiga diraih SMA 1 Ungaran dengan judul karya tulis “Kontribusi Bank Syariah di dalam Meningkatkan Sektor Riil” disusun oleh Anisa Russitawati Abdillah, Amalia Dyah Sitasari dan Yondia Vanensashakeh Soemantri. Sementara Juara Harapan I diraih SMA 5 Semarang dengan judul karya ilmiah “Keefektifan Produk UMKM Perempuan dalam Pengentasan Kemiskinan”  yang disusun oleh Hafshah. Keempat tim yang berhasil menjuarai LKTI tersebut diberikan reward sejumlah uang pembinaan beserta trophy yang diserahkan pada hari yang sama.
 
< Prev   Next >

Campus Info Center

Image

Informasi tentang program studi di Fakultas Ekonomi UII dan seputar pendaftaran mahasiswa baru dapat diakses melalui telepon atau akun resmi kami pada beberapa situs jejaring sosial berikut ini:

Find & Follow Us: