Website Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Program Studi Manajemen Akuntansi Ilmu Ekonomi Magister

Selamat datang di website Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia - Informasi mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru UII 2011/2012 dapat diakses melalui www.pmb.uii.ac.id atau telepon (0274) 898444 ext. 1102
Pesan, Kesan dan Harapan dari Pak Ma'i
Thursday, 29 April 2010

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) periode: 2006-2010  Drs. H Asma’i Ishak, M.Bus.,Ph.D., akrab dipanggil Cak Mai atau Pak Mai, segera mengakhiri amanahnya sebagai Dekan FE UII pada 30 April 2010.

Dalam kesibukannya sehari-hari memimpin fakultas yang cukup besar dan paling tua di UII yang “hanya” didampingi oleh seorang Wakil Dekan Drs. H. Arief Bachtiar, MSA.,Akt., ia masih sempat mengajar di beberapa fakultas baik di program S1 maupun program Pasca Sarjana di lingkungan UII maupun Perguruan Tinggi lain. Bahkan ia juga sempat menjadi Sekretaris Forum Rektor Indonesia (FRI) yang diketuai Prof.Dr.Edy Suandi Hamid, M.Ec. dan beberapa kesibukan lainnya. Untuk mengetahui cara mengatur waktu, kiat-kiat dan strategi dalam menjalankan amanahnya, serta beberapa informasi penting lain, berikut petikan wawancara reporter UII News dengan Pak Mai.            

Tanya (T), bagaimana strategi Bapak mengatur waktu, agar semua tugas  dapat berjalan dengan baik?   Jawab (J): Prinsip hidup saya “mengalir seperti air”. Memang awalnya agak sulit dalam mengelola waktu untuk menjalankan tugas sebagai dosen, dekan, dan beberapa kegiatan lain yang sudah saya sepakati sebelum terpilih menjadi dekan. Tetapi pada akhirnya semuanya menjadi smooth, sehingga semua kegiatan bisa tertangani dengan baik.  

(T), Bagaimana komentar dan perasaan Bapak menjelang mengakhiri tugas sebagai Dekan FE UII periode 2006-2010 ini?.(J) Alhamdulillah saya bersama pak Arief Bachtiar bersama anggota pengurus yang lain mampu menyelesaikan amanah. Mudah-mudahan apa yang telah kami perbuat akan bermanfaat tidak hanya bagi fakultas tetapi juga bermakna bagi dosen, karyawan, dan mahasiswa. Saya merasa senang dalam menjalankan amanah selama empat tahun ini karena saya didukung oleh sebagian besar pengurus fakultas, dosen dan temen-temen karyawan. Hal ini membuat saya dan pak Arief tidak pernah merasa capek dalam memimpin fakultas yang besar ini. Jika ada beberapa pengurus yang kurang kooperatif, saya anggap hal biasa dan lumrah. Meskipun hal seperti itu sah-sah saja terjadi dalam sebuah organisasi, namun menjadi aneh karena terjadi di fakultas ekonomi yang seharusnya paham tentang etika organisasi. Kalau hal ini dianggap sebagai kekurangan saya dalam memimpin fakultas, saya terima dengan ikhlas. 

(T) Program apa saja yang telah tercapai?, dan apakah ada program yang belum tercapai?(J) Alhamdulillah berkat dukungan temen-temen pengurus, dosen dan karyawan fakultas dalam periode ini kami bisa menghasilkan banyak hal. Di awal periode kami mengimplementasikan kurikulum baru yang kemudian diikuti Bridging Program bagi mahasiswa regular. Program besar lain yang berhasil kami lakukan adalah mempertahankan nilai akreditasi semua program yang ada di fakultas, mendirikan program Magister Akuntasi dan Magister Ekonomi Keuangan, membangun kerjasama dengan beberapa institusi baik perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri maupun lembaga lain untuk kepentingan proses belajar mengajar dan meningkatkan rasio seleksi mahasiswa baru. Untuk program perbaikan fasilitas kampus mungkin anda bisa lihat sendiri, sementara untuk program kemahasiswaan kami sudah berhasil menata kembali lembaga kemahasiswaan di lingkungan fakultas sesuai dengan PD/PRT Keluarga Mahasiswa UII. Banyak program yang berhasil kami lakukan dan banyak dana yang kami keluarkan untuk itu dalam empat tahun terakhir, tetapi pada saat yang bersamaan pak Arief masih mampu menyisakan dana untuk periode kepengurusan berikutnya. Yang ingin saya tekankan disini adalah banyaknya program tersebut bukan berarti kami boros. Meskipun saya punya prinsip bahwa keberhasilan sebuah kepengurusan itu terletak pada seberapa banyak kegiatan yang diprogramkan bisa dilaksanakan bukan pada seberapa banyak saldo dana yang dikumpulkan, namun dalam merealisir program kami tetap memperhitungkan dana yang kami miliki. Mengingat banyak program yang dicanangkan di awal periode kami, tentu masih ada beberapa program yang belum sepenuhnya berhasil kami realisir, Umpamanya  akreditasi internasional Jurusan Akuntansi, ijin operasional PPAK, akrreditasi Jurnal Siasat Bisnis, dan penambahan ruangan di kampus Condongcatur. Untuk pembangunan kampus ini saya sebagai dekan tidak mempunyai kewenangan untuk memutuskan. Sebagai dekan saya hanya bisa menghimbau. Oleh karena itu, melalui wawancara ini, saya berharap pihak-pihak yang berwenang untuk memperhatikan permasalahan ini secara bijak, jika mereka berharap fakultas ini tetap menjadi penyumbang dana terbesar di UII. Ini perlu saya sampaikan mengingat gedung yang ada tidak mampu lagi untuk memfasilitasi kegiatan fakultas yang semakin beragam. 

(T) Suka-duka dan atau pengalaman khusus apa yang dirasakan selama menjabat?(J) Saya merasa lebih banyak suka nya daripada duka nya, karena saya selalu melaksanakan amanah ini dengan satu tujuan yaitu membangun fakultas untuk menjadi pilihan utama masyarakat. Saya tidak menjadikan amanah ini menjadi beban dan tanggung jawab pribadi, tetapi  menjadi beban dan tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, kebersamaan dan komitmen temen-temen pengurus, dosen dan karyawan dalam merealisir program merupakan pengalaman yang paling berkesan bagi saya dalam memimpin fakultas ini. Keberhasilan membangun keikhlasan mereka dalam melakukan pekerjaan untuk membangun lembaga menjadi kenikmatan tersendiri bagi saya dan Insya Allah bagi pak Arief juga. Kalau toh ada yang membuat saya berduka adalah jatuh sakitnya pak Arief. Saya merasa berdosa karena munculnya penyakit yang diderita pak Arief saat ini (mungkin) sebagai akibat dia terlalu capek dalam mendampingi saya selama empat tahun ini. Untuk itu saya mohon maaf sebesar-besarnya kepada pak Arief dan keluarga dan mengucapkan beribu-ribu terima kasih atas keikhlasannya dalam mendampingi saya selama ini. Semoga pak Arief dan keluarga diberi kekuatan untuk menerima dan menjalani cobaan dari Allah ini. Bekerja sama dengan pak Arief merupakan kenikmatan dan menjadi kenangan tersendiri bagi saya. 

(T) Secara structural FE UII terdiri dari Dekan, Wadek, Direktur Program Pasca sarjana (S2, S3) Program S1 dan Program D3 dan segenap jajaran pengurus lain,  Kajur, Sekjur, Direktur/Sekretaris Direktur International Program, Direktur pusat-pusat, Kadiv, Kaur dan yang setara,  bagaimana strategi Bapak mengkoordinir semua ini agar bisa berjalan dan berfungsi secara maksimal serta bisa memberikan sinergi dan kontribusi buat fakultas khususnya dan  UII pada umumnya?(J) Strategi yang saya pergunakan cukup sederhana yaitu persaudaraan (brotherhood). Saya menjalankan kepemimpinan saya dengan pendekatan kekeluargaan dan khusnodzon. Saya berkeyakinan bahwa setiap orang yang bekerja di fakultas mempunyai potensi kompetensi yang akan bermanfaat untuk kemajuan lembaga selama mereka diberi kepercayaan dan kewenangan untuk melakukan pekerjaannya.  Pemberian kepercayaan dan kewenangan yang disertasi hubungan kekeluargaan yang saya lakukan (mungkin) menjadi kunci keberhasilan jika apa yang saya lakukan selama empat tahun ini dianggap sebagai suatu keberhasilan. Pendekatan ini merupakan salah satu konsekuensi logis dari bidang ilmu pemasaran yang saya tekuni. Konsep pemasaran menyatakan bahwa kinerja organisasi yang baik itu bisa diwujudkan melalui silaturrahmi yang ikhlas. Sebuah konsep yang mudah untuk diucapkan tetapi sulit untuk dilakukan. Yang memudahkan saya dalam mengimplentasikan konsep ini adalah keyakinan bahwa konsep tersebut sangat islami meskipun saya tidak perlu mengatakan hal itu sebagai konsep pemasaran islam. Dengan keyakinan seperti itu saya menjalankan roda kepemimpinan di fakultas sebagai ibadah (Hablum minan nas) yang Insya Allah diridloiNya. Saya memang tidak pernah memisahkan antara kegiatan agama dengan kegiatan sehari-hari. Dengan kata lain apa yang saya lakukan sehari-hari semuanya dilandasi nilai keislaman yang saya miliki. Alhamdulillah, dengan cara seperti itu saya tidak merasa beban yang berat dalam menjalankan amanah yang saya terima baik sekarang maupun di masa yang akan datang.  

(T)     Dengan berakhirnya periode kepemimpinan ini, apakah Bapak berencana mencalon lagi sebagai Dekan untuk periode berikutnya (2010-2014)?(J) Untuk pertanyaan ini saya tidak bisa menjawab sekarang. Silahkan tanya kepada temen-temen dosen, karyawan dan mahasiswa. Mungkin masih ada orang lain selain saya yang dianggap lebih mampu, silahkan saja. Jika saya dianggap masih tepat dan mumpuni untuk memimpin fakultas, saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya.Namun seperti yang sudah saya katakan tadi belum tentu saya bisa menerima kepercayaan tersebut karena saya sendiri belum memutuskan apakah saya akan ikut dalam pemilihan dekan periode 2010-2014. Banyak pertimbangan yang harus saya pertimbangkan dan masih ada waktu untuk memikirkan hal itu. Kalau sudah saya putuskan nanti sampeyan saya kasih tahu. 

(T) Seandainya Bapak mencalonkan dan terpilih lagi sebagai Dekan apakah ada program khusus?, dan seandainya tidak apa rekomendasi untuk kepemimpinan (Dekanat) berikutnya?(J) Terlepas siapa yang akan menjadi dekan pada periode depan, saya cumin titip beberapa pesan. Tolong diteruskan program yang selama ini sudah kami bangun seperti bridging program, networking dan kerjasama luar negeri yang sudah dibangun oleh kami bersama Pengelola IP dan networking dan kerjasama dengan beberapa instansi pemerintah yang kami bangun bersama Tim Promo fakultas. Program-program tersebut secara riil mampu meningkatkan citra fakultas dan universitas di mata mahasiswa, calon mahasiswa dan masyarakat pada umumnya. Seandainya saya memimpin fakultas lagi sudah pasti program tersebut akan menjadi prioritas utama. Tetapi jika tidak, maka program tersebut merupakan rekomendasi saya kepada dekan berikutnya.   

(T)  Pesan, kesan dan harapan serta komentar secara khusus dan umum apa, sehubungan  dengan berakhirnya kepemimpinan Bapak?(J) Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua teman dosen, karyawan, dan mahasiswa yang telah bersama-sama bekerja untuk memajukan fakultas. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi diri kita dan lembaga, serta menjadi amal jariah kita semua.. Saya mengharap pada kepemimpinan yang akan datang, siapapun yang menjadi nakhodanya, dapat menciptakan suasana kekeluargaan dan kebersamaan yang lebih baik, sehingga fakultas ini menjadi tempat kerja yang nyaman bagi kita semua. Amin yaa rabbal alamin. 

Terimakasih Pak Mai, telah meluangkan waktunya. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan, bimbingan dan kemudahan untuk semua urusan kita dan segenap civitas dan komunitas UII beserta keluarganya masing-masing. (Mujiyana)     

 
< Prev   Next >

Campus Info Center

Image

Informasi tentang program studi di Fakultas Ekonomi UII dan seputar pendaftaran mahasiswa baru dapat diakses melalui telepon atau akun resmi kami pada beberapa situs jejaring sosial berikut ini:

Find & Follow Us: