Untuk menjadi mahasiswa unggulan pondok pesantren calon harus lolos salah satu seleksi, baik CBT atau PBT atau PSB dan lulus tes khusus yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia. Penjaringan calon mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren ini memberikan beasiswa yang dibagi menjadi 2 (dua) tipe yaitu Beasiswa Penuh (Tipe A) dan Beasiswa Tidak Penuh (Tipe B). Program Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren dikhususkan hanya bagi program studi Statra Satu (S1) semua fakultas kecuali Program Studi Pendidikan Dokter hanya dibolehkan untuk Tipe B.

BEASISWA PONPES PENUH (TIPE A)

Jalur ini dibuka untuk mahasiswa (laki-laki dan perempuan) dengan mendapatkan beasiswa penuh berupa:

  1. Pembebasan biaya studi yang meliputi: SPP selama masa studi, sumbangan Catur Dharma, Biaya Lembaga Kemahasiswaan, Biaya Praktikum, Biaya KKN dan Biaya Wisuda.
  2. Pembebasan biaya pondokan dan fasilitasnya. Peserta yang diterima wajib mengikuti pendidikan dan melaksanakan/mengikuti kegiatan yang ditetapkan oleh Pondok Pesantren UII.

Syarat Khusus Penerima Beasiswa Penuh (Tipe A)

  1. Dapat berbahasa Arab dan Inggris secara aktif (memiliki TOEFL/TOEFL ITP Score minimal 450) yang dibuktikan melalui tes lisan dan tertulis serta menyerahkan TOEFL/TOEFL ITP Score minimal 450. Materi Ujian Masuk meliputi: Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Psikotes, dan Kepesantrenan.
  2. Nilai rata-rata rapor minimal 8,5 (delapan koma lima) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) minimal 7 (tujuh) yang dibuktikan dengan fotokopi rapor kelas XII dan fotokopi nilai UAN, masing-masing telah dilegalisasi.

BEASISWA PONPES SEBAGIAN (TIPE B)

Jalur ini membuka kesempatan kepada mahasiswa (laki-laki dan perempuan) dengan mendapatkan beasiswa berupa pembebasan biaya pondokan dan fasilitasnya. Peserta masih mendapat kesempatan memperoleh beasiswa internal (reguler) UII dan eksternal lainnya. Peserta yang diterima wajib mengikuti pendidikan dan melaksanakan/mengikuti kegiatan yang ditetapkan oleh Pondok Pesantren UII.

Syarat Khusus Penerima Beasiswa Sebagian (Tipe B)

  1. Dapat berbahasa Arab dan Inggris secara aktif (memiliki TOEFL/TOEFL ITP Score minimal 450) yang dibuktikan melalui tes lisan dan tertulis serta menyerahkan TOEFL/TOEFL ITP Score minimal 450.
  2. Nilai rata-rata rapor minimal 8 (delapan) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) minimal 7 (tujuh) yang dibuktikan dengan fotokopi rapor kelas XII dan fotokopi nilai UAN, masing-masing telah dilegalisasi.

SYARAT UMUM & PROSEDUR PENDAFTARAN

Pendaftar harus menyerahkan:

  • SK Rektor yang menunjukkan bahwa pendaftar telah diterima dari salah satu jalur seleksi baik melalui CBT, PBT maupun PSB.
  • Formulir pendaftaran sebagai Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren yang telah diisi. Formulir dapat di download di website pesantren.uii.ac.id atau di pmb.uii.ac.id.
  • Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi SMU/SMK/MA atau yang sederajat.
  • Fotokopi rapor kelas XII dan fotokopi nilai UAN, masing-masing telah dilegalisasi, sesuai dengan syarat pada masing-masing tipe.
  • TOEFL/TOEFL ITP Score minimal sesuai persyaratan.
  • Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK) dari POLRI yang menunjukkan calon berkelakuan baik.
  • Surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau pimpinan pondok pesantren setempat yang menunjukkan calon berakhlak baik dan aktif beribadah.
  • Piagam/sertifikat/surat keterangan yang menunjukkan prestasi dan keaktifan berorganisasi.
  • Fotokopi akte kelahiran yang membuktikan usia maksimal 21 tahun.
  • Surat keterangan sehat dari dokter.

Calon mahasiswa membawa semua dokumen persyaratan umum dan khusus ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) di Gedung Prof. K.H.R. Muhammad Adnan (Gedung Kampus Diploma 3 Ekonomi – Lantai 1) Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang, Km. 14,5 Sleman Yogyakarta.