Pendidikan
Profesi Akuntansi

Program Pendidikan Profesi Akuntansi UII bertujuan mendidik sarjana ekonomi jurusan akuntansi agar memenuhi kualifikasi sebagai akuntan profesional yang memiliki kompetensi untuk menjalankan karir akuntan baik sebagai Akuntan Publik, Akuntan Manajemen, Akuntan Pemerintah dan Akuntan Sektor Publik. Setelah menyelesaikan pendidikan ini peserta akan memperoleh gelar ”Akuntan (Ak)” dan dapat memperoleh register Akuntan yang terdaftar di Departemen Keuangan RI.

Universitas Islam Indonesia sebagai salah satu Universitas yang memperoleh ijin untuk menyelenggarakan Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) merancang kurikulum dan sistem pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Lulusan PPAk FE UII akan dibekali keahlian spesifik yaitu keuangan syariah, sehingga diharapkan mampu memberikan ciri dan keahlian khusus bagi akuntan lulusan PPAk FE UII.

Visi PPAk FE UII

Menjadi program pendidikan  profesi  akuntansi (PPAk) terkemuka baik di tingkat nasional maupun internasional  yang setara dengan pendidikan di negara maju pada tahun 2025, dengan melandaskan pada nilai rahmatan lil’alamin, nilai Islam dan nilai kesempurnaan.

Misi PPAk FE UII

Menghasilkan lulusan yang mempunyai integritas moral dan personal yang tinggi, mudah beradaptasi melalui pembekalan atas pemahaman yang menyeluruh dan aplikasi nilai-nilai Islam serta menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan penguasaan ilmu dan teknologi di bidang bisnis dan akuntansi melalui penciptaan lingkungan proses belajar-mengajar yang kondusif, dalam rangka membentuk akuntan muslim dan pemimpin bangsa yang bertakwa, berakhlak mulia, berilmu amaliah dan beramal ilmiah, yang memiliki keunggulan dalam keislaman, keilmuan, kepemimpinan, keahlian, kemandirian, dan profesionalisme.

Pilihan Waktu Kuliah

Program Profesi Akuntansi UII memberi keleluasaan waktu perkuliahan dengan pilihan:
•  Kelas Reguler Pagi : Senin s/d Kamis jam 07.00 – 16.00 WIB
•  Kelas Reguler Malam : Senin s/d Kamis jam 18.30 – 21.00 WIB
•  Kelas Eksekutif : Jum’at dan Sabtu

Tes Masuk PPAk

Setiap calon peserta wajib mengikuti tes masuk PPAk. Tes ini bisa diulang apabila belum lulus pada tes sebelumnya. Ujian ulang meliputi seluruh materi ujian masuk. Penilaian atas ujian ulang didasarkan pada hasil ujian terakhir. Materi tes masuk terdiri dari:

A. TES POTENSI AKADEMIK

B. TES MATERI KULIAH
1.  Akuntansi Keuangan
2.  Akuntansi Manajemen
3.  Pengauditan
4.  Sistem Informasi Akuntansi

Persyaratan Administrasi

Persyaratan untuk melakukan pendaftaran bagi calon peserta:
1.  Mengisi formulir pendaftaran.
2.  Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- *)
3.  Menyerahkan fotokopi Ijazah/Surat Keterangan Lulus S1 Akuntansi dan transkrip nilai 2 lembar yang telah dilegalisir.
4.  Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 dan 4 x 6 masing-masing 2 (dua) lembar.
5.  Menyerahkan bukti pembayaran pendaftaran.
6.  Fotokopi identitas diri.

Matrikulasi

Peserta yang diterima dengan matrikulasi wajib mengikuti matrikulasi dengan menempuh maksimal 4 mata kuliah, yaitu mata kuliah yang tidak lulus pada tes masuk PPAk. Mata Kuliah Matrikulasi meliputi: 1) Akuntansi Keuangan; 2)  Akuntansi Manajemen3) Pengauditan dan 4) Sistem Informasi Akuntansi. Program matrikulasi ini juga dapat diikuti oleh mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi (yang terakreditasi) dan diperkirakan lulus dalam waktu 5 bulan.

Biaya Pendidikan

Informasi tentang biaya pendaftaran, matrikulasi dan biaya pendidikan PPAk FE UII dapat menghubungi Kantor Sekretariat PPAk FE UII melalui nomor 0274-881546 Ext. 2113

Kurikulum Pendidikan Profesi Akuntansi

A. Mata Kuliah Wajib ( 7 MK) Bobot SKS
Pelaporan Korporat 3 SKS
Manajemen Stratejik & Kepemimpinan 3 SKS
Etika Profesi & Tata Kelola Korporat 3 SKS
Akuntansi Manajemen Lanjutan 3 SKS
Manajemen Perpajakan 3 SKS
Manajemen Keuangan Lanjutan 3 SKS
Sistem Informasi & Pengendalian Internal 3 SKS
Jumlah SKS MK Wajib 21 SKS
B. Mata Kuliah Pilihan (pilih 2 MK dari 5 MK)* Bobot SKS
Praktik Auditing 3 SKS
Administrasi dan Pemeriksaan Pajak 3 SKS
Kapita Selekta Akuntansi Keuangan 3 SKS
Keuangan Syariah 3 SKS
Akuntansi Sektor Publik 3 SKS
Jumlah SKS MK Pilihan 6 SKS
Jumlah SKS Total 27 SKS

*) Mata kuliah dibuka jika jumlah peserta memenuhi syarat minimal untuk pembukaan kelas