,

Pelatihan SEM (Structural Equation Model) dengan Amos & SMART PLS

Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) menyelenggarakan khususnya program studi (Prodi) Ilmu Ekonomi (IE) mengadakan sebuah acara seminar dan pelatihan yang bertajuk Pelatihan SEM (Structural Equation Model) dengan Amos & SMART PLS. Pelatihan ini diadakan di Innside Hotel Yogyakarta pada tangal 24- 25 Agustus 2017. Tentu saja acara ini memiliki maksud untuk membantu para peneliti dan dosen dalam melakukan penelitian, acara ini dapat diibaratkan sebagai pembekalan dalam  pelaksanaan penelitian.

Acara ini pertama-tama dibuka dengan sambutan dari ketua prodi dari IE FE UII dan direktur dari Pusat Pelatihan Statistik Ekonomi dan Bisnis (PPSEB). Dalam kesempatan pelatihan SEM kali ini sejumlah sembilan belas orang yang merupakan diantaranya adalah para dosen dan peneliti mengikuti acara ini.

Pelatihan ini diisi oleh dua pemateri yang sudah kenal seluk beluk SEM yaitu Dr. Zainal Mustafa EL Qadri, MM pada hari pertama dan Drs. Agus Widarjono., MA., Ph.D pada hari kedua. Selama dua hari para peserta dibekali pembelajaran mengenai SEM sekaligus pelatihan penggunaannya. Pelatihan berlangsung lancar ditambah dengan antusiasme dari peserta yang mengikuti acara pelatihan ini hingga selesai.

Dr.Eko Atmadji., M.Ec selaku koordinator pelatihan ini memaparkan bahwa tujuan dari Pelatihan SEM dengan Amos & SMART PLS ini adalah memperkenalkan SEM itu sendiri dan trial untuk pelatihan SEM tersebut. Sehingga dampak pelatihan ini membantu para peneliti dan dosen untuk mempermudah penelitian.

Selama dua hari ini terlihat sekali antusiasme pada saat penyampaian materi dan sesi tanya jawab. Seperti yang terlihat dalam pelatihan ini banyak sekali respon dan pertanyaan yang di berikan oleh para pesarta pada pembicara untuk dapat menggali lebih dalam lagi mengenai materi yang telah disampaikan.Dan dalam dua hari para peserta mendapatkan banyak bekal dan tambahan ilmu pengenathuan mengenai beberapa materi SEM.

Penutupan acara Pelatihan SEM (Structural Equation Model) dengan Amos & SMART PLS ditutup oleh direktur PPSEB serta penyerahan sertifikat acara pelatihan pada para peserta yang telah berpartisipasi kali ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply