DONOR DARAH MANIFEST 2018

Management Annual Inaugural Festival atau yang lebih dikenal dengan MANIFEST merupakan acara tahunan dari Management Community, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan MANIFEST kali ini berkolaborasi  dengan berbagai pihak seperti Loka Creativa, Seribu Guru, serta Ambarukmo Plaza. MANIFEST 2018 diketuai oleh Abimas Widy, yang merupakan mahasiswa menejemen Fakultas Ekonomi UII, angkatan 2015. Dengan keseluruhan panitia, berasal dari mahasiswa manajemen angkatan 2015-2017 sebanyak 88 orang.

Pada tanggal 1 Juli 2018, MANIFEST berkolaborasi dengan Ambarukmo Plaza mengadakan kegiatan donor darah serta live accoustic yang diperuntukkan untuk umum. Kegiatan tersebut berlangsung sejak pukul 10.30-21.00 WIB dan berlokasi di Hall B, lantai 2, Ambarukmo Plaza, Yogyakarta. Kegiatan donor darah ini didasari oleh fakta yang menyebutkan bahwa Indonesia masih kekurangan pendonor. Dari 5,1 juta kebutuhan kantung darah, Indonesia hanya bisa menyediakan 4,1 juta kantung darah setiap tahunnya. Artinya, Indonesia masih kekurangan 1 juta kantung darah. Dengan tagar “We All Bleed The Same Colour” dan “Humanial Project”, diharapkan dapat menggerakkan empati serta antusiasme berbagai kalangan, baik muda maupun tua untuk turut berbagi kebahagiaan serta membantu menyelamatkan hidup orang lain dengan mendonorkan darahnya. Tagar “We All Bleed The Same Colour” membuktikan bahwa darah tiap manusia itu berwarna sama, berfungsi sama dan berhak diberikan bagi siapapun yang membutuhkannya. Tidak hanya untuk orang-orang tertentu, namun juga bagi mereka yang tidak berdaya.

Acara donor darah tersebut memiliki banyak manfaat, baik untuk pihak internal khususnya panitia dan warga UII, maupun masyarakat umum. Bagi pihak internal, acara ini merupakan perwujudan rasa syukur peringatan hari lahirnya Management Community dengan menjembatani pihak pendonor dengan pihak yang membutuhkan. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dalam upaya mencukupi kebutuhan kantung darah Indonesia setiap tahunnya. Acara ini mendapat apresiasi yang cukup baik dari berbagai pihak, terlihat dari antusiasme pendonor yang telah mencapai lebih dari 200 orang. Pendonor tidak hanya berasal dari lingkungan UII saja, namun banyak pula pengunjung dari Ambarukmo Plaza yang ikut serta berpartisipasi mendonorkan darahnya serta Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang turut hadir memenuhi undangan pihak MANIFEST. Menurut panitia, banyak pendonor yang pada awalnya merasa takut untuk mendonorkan darahnya. Namun, dengan tekad yang kuat serta rasa kemanusiaan yang tinggi, mereka berhasil mendonorkan darahnya serta merasa senang karena dapat turut serta berkontribusi dalam upaya membantu mereka yang membutuhkan bantuan darah.

Bagi pengunjung yang belum bisa mendonorkan darahnya karena tidak memenuhi syarat-syarat yang ada, mereka dapat menikmati live accoustic yang dibawakan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi UII beserta mahasiswa perguruan tinggi lain. Untuk lebih memeriahkan acara tersebut, MANIFEST menghadirkan Guest Star yang populer dikalangan anak muda, yaitu Gilbert Pohan yang tampil pada pukul 18.00-21.00 WIB di lokasi yang sama. Gilbert Pohan merupakan penyanyi soundtrack Film Filosofi Kopi Tahun 2015. Live accoustic ini juga diharapkan dapat menarik minat pengunjung untuk ikut berpartisipasi meramaikan acara donor darah MANIFEST.

Tidak dipungkiri, banyak kendala yang telah dihadapi oleh panitia, baik kendala internal maupun eksternal. Namun, kendala tersebut tidak menyurutkan semangat panitia dalam mengerjakan tugasnya kerena semua berpegang pada tujuan utama, yaitu kesuksesan acara MANIFEST. Hal ini terbukti dengan telah terlaksananya beberapa kegiatan MANIFEST dengan cukup baik. Rangkaian acara MANIFEST, akan ditutup dengan malam puncak apresiasi seni, yaitu Lokaswara Humanial Project yang dilaksanakan tanggal 7 September 2018. Pihak MANIFEST berharap, seluruh rangkaian kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan banyak manfaat bagi semua pihak yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung.