Hebatnya Menjadi SAP Cosultant

 

Career roadmap merupakan  perencanaan karir kerja secara rinci yang menggambarkan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Mulai dari sekarang diperlukan career roadmap untuk menentukan jenjang karir kita di dunia kerja. Begitu pula untuk menjadi seorang SAP consultant. Oleh karena itu ERPCC Universitas Islam Indonesia bekerjasama dengan PT Solman Manunggal Informatika untuk mengadakan career sharing berjudul “Career Roadmap be SAP Consultant” ruang 2/4 Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia pada Sabtu, 29 September 2018 pukul 08.30. Diadakannya career sharing tersebut diharapkan dapat memperluas informasi dan wawasan serta dapat memberikan gambaran mengenai peluang dan kesempatan bagi mahasiswa terutama fresh graduate ketika berkarier sebagai SAP consultant.

Acara seminar diawali dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan Sambutan dari Bapak Rifqi Muhammad., S.E., M.Sc. Rangkaian acara selanjutnya penyampaian materi oleh Bapak Muhammad Helmi Fanani selaku Founder dan President Director  PT Solman Manunggal Informatika. Bapak Helmi menyampaikan bahwa dalam dunia kerja kita bisa memilih untuk berkarir di jalur profesional dan jalur manajerial. Menjadi seorang consultant harus terbiasa berbicara di depan umum, harus selalu meningkatkan kemampuan untuk menjadi lebih baik dan harus siap berpindah tempat dimanapun perusahaan menempatkan. Bapak Helmi juga menyampaikan bahwa ada beberapa kualifikasi untuk menjadi SAP consultant yaitu yang pertama functional yang bertugas untuk menyesuaikan kebutuhan kebutuhan dan melakukan diskusi dengan customer. Kedua adalah business intelligence yang bertugas menyediakan analisis yang dibutuhkan oleh atasan lalu ada trainer yang bertugas untuk melatih user, selanjutnya ada quality assurance yang bertugas mengkoreksi pekerjaan supaya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, ada project manager yang bertugas memimpin project dalam team konsultan, yang selanjutnya ada developer atau yang dikenal dengan developer ABAPer dan yang terakhir adalah basis. Di akhir bapak Helmi menyampaikan pesan yang dapat memotivasi mahasiswa dengan kata “Don’t Limit your Challenge, Challenge your Limit” yag bermakna jangan membatasi diri dengan kelemahanmu namun lampaui kelemahanmu dengan menantang diri sendiri.

Acara selanjutnya adalah coffee break selama beberapa menit kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua oleh Ibu Rima Ulfa Wildiana selaku SAP MM-SD Consultant PT Solman Manunggal Informatika. Materi yang disampaikan berupa sharing session mengenai pengalaman kerja menjadi seorang SAP Consultant. Basic SAP diperlukan dalam menjadi seorang SAP Consultant dan beberapa skill yaitu knowledge, ability, teamwork, communication, dan problem solving. SAP Consultant diminati beberapa orang karena dapat memberikan nilai tambah yaitu menambah koneksi, mudah beradaptasi, progress karir dapat meningkat dengan lebih cepat dan dapat mengeksplor tempat-tempat wisata baru karena SAP consultant sering berpindah tempat. Ibu Rima juga menyampaikan tips untuk bias memmiliki basic SAP yaitu dengan mengikuti pelatihan agar bias mendapatkan sertifikat SAP, bergabung dengan perusahaan konsultan, bergabung sebagai trainee atau support SAP agar dapat menunjang belajar SAP lebih dalam dan bergabung dengan SAP project sebagai orang non SAP agar mendapatkan informasi dan pengalaman dari orang yang sudah mahir dalam SAP.

Setelah acara penyampaian materi kedua, dilanjutkan dengan testimony dari beberapa peserta career sharing. Beberapa peserta menyampikan kesan bahwa career sharing tersebut bisa memantapkan diri mereka untuk menjadi SAP Consultant dan dapat membantu mahasiwa dalam menentukan passion. lalu acara ditutup dengan penyerahan cinderamata dari Universitas Islam Indonesia kepada Bapak Muhammad Helmi Fanani dan Ibu Rima Ulfa Wildiana selaku pemateri dalam acara career sharing “Career Roadmap be SAP Consultant” dan bacaan hamdalah.