,

Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta Mengadakan Studi Banding ke FBE UII Guna Mempelajari Tata Kelola Fakultas

Kamis (23/02), Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) menerima Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) untuk melakukan studi banding terkait tata kelola fakultas. Acara dibuka oleh Johan Arifin, S.E., M.Si., Ph.D., CFrA, CertIPSAS selaku Dekan FBE UII dengan memperkenalkan perwakilan dari tiap prodi yang ada di FBE UII. Pada studi banding kali ini turut hadir Muamar Nur Kholid, S.E., M.Ak., Ak., CA selaku Sekprodi Reguler Akuntansi, lalu Maulidyati Aisyah, SE., M.Com(Adv) selaku Sekprodi IP Akuntansi, Abdur Rafik, S.E., M.Sc selaku Kaprodi Manajemen, Dekar Urumsah, SE., S.Si., M.Com(IS)., Ph.D., CFrA. selaku ketua jurusan Akuntansi dan Rifqi Muhammad, S.E., M.Sc., Ph.D. selaku ketua program studi Akuntansi.

Diskusi dibuka dengan penjelasan singkat oleh Johan mengenai tata kelola fakultas pada FBE UII. Annisa Warastri, S.Psi., M.Psi., Psikolog selaku Dekan UNISA memberikan pertanyaan terkait bagaimana suatu unit pengelola itu mampu memiliki strategi dan memenuhi indikator yang diminta oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA). “Visi misi dan juga menjalankan unit bisnis dalam bentuk apapun merupakan strategi yang dapat diterapkan, selain itu proses dan dokumentasi sangat diperlukan untuk memenuhi indikator yang diminta oleh LAMEMBA,” ungkap Johan memberikan penjelasan.

Diskusi terkait visi misi berlangsung dengan serius. “Visi itu merupakan sesuatu yang tidak terlihat tetapi harus ada goal yang jelas,” ungkap Annisa. Selanjutnya pembahasan berubah sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh pihak UNISA. Diskusi berjalan dengan santai, kedua belah pihak saling mengajukan pertanyaan guna membagikan ilmu yang kedua Universitas punya. Menyinggung terkait sertifikat System Application and Processing Enterprise Resource Planning (SAP-ERP) yang dimiliki oleh FBE UII, Dekar menyebutkan bahwasanya, “FBE UII siap berbagi konsep SAP-ERP dengan sistem pertukaran dosen/mahasiswa melalui program MBKM,” ungkapnya. Kemudian Muammar menambahkan, “Kita punya prinsip akan membagikan apa yang telah siap dibagikan sesuai dengan porsinya,” jelasnya.

Diskusi ditutup dengan ucapan terima kasih yang diwakilkan oleh Anisa dan diiringi dengan harapan agar proses akreditasi UNISA dimudahkan serta hasil akreditasi FBE UII juga segera keluar dengan hasil yang memuaskan. Dekar juga mengucapkan terimakasih dan berharap bisa melanjutkan kerjasama operasional dikemudian hari Antara kedua Universitas. Lalu sebagai kenang-kenangan kedua belah pihak saling memberikan cinderamata dan berfoto bersama di depan gedung FBE UII. (AWH/FH)