Info Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Islam Indonesia

Berikut ini beberapa pola penerimaan mahasiswa baru di Universitas Islam Indonesia:

1. Paper Based Test (PBT)

Paper Based Test (PBT) adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan secara tertulis. Semua program studi melakukan seleksi calon mahasiswa menggunakan pola seleksi PBT. Khusus program studi Pendidikan Dokter, seleksi calon mahasiswa dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama berupa PBT dan tahap kedua berupa seleksi wawancara dan psikotes.

KATEGORI SELEKSI PBT

Seleksi ini dibagi ke dalam dua kategori, yaitu PBT Potensi dan Mandiri.

PBT Potensi
Pada pola seleksi ini hasil nilai UPCM akan menentukan kelulusan dan juga menentukan besarnya Sumbangan Catur Dharma. Dengan pola ini, semakin tinggi nilai UPCM semakin rendah nilai sumbangan yang diwajibkan.

PBT Mandiri
Pada pola seleksi ini nilai UPCM akan menentukan kelulusan pendaftar, sedangkan besar Sumbangan Catur Dharma ditentukan secara mandiri oleh orang tua/wali calon mahasiswa. Batas minimal Sumbangan Catur Dharma ditentukan oleh program studi yang dipilih oleh calon mahasiswa. Pola seleksi ini terbuka untuk semua program studi.

2. Computer Based Test (CBT)

Computer Based Test (CBT), yaitu pola seleksi yang dilakukan secara daring (online), baik di dalam Kampus Terpadu UII sendiri maupun pada beberapa lokasi pelaksana CBT di luar UII (di dalam maupun luar DIY). Calon mahasiswa dapat memilih maksimal 2 (dua) pilihan program studi, kecuali program studi Pendidikan Dokter yang hanya dapat diikuti melalui jalur PBT dan PSB. Hasil CBT dapat diperoleh segera setelah tes selesai dilakukan. Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima harus melakukan Registrasi pada waktu dan prosedur yang telah ditentukan.

JADUAL PELAKSANAAN CBT

CBT di Kampus UII dilaksanakan 29 Desember 2014 s/d 8 Agustus 2015 setiap hari Senin-Sabtu jam 08.00-14.00 WIB (kecuali hari libur) di Gedung Muhammad Adnan (D3 Ekonomi UII), lantai 1, Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman Yogyakarta.

CBT di luar Kampus UII dilaksanakan mulai tanggal 5 Januari 2015 s/d 30 Juni 2015. Informasi tentang lokasi penyelenggaraan CBT di luar Kampus UII dapat dilihat di situs pmb.uii.ac.id. Pendaftaran CBT Luar Kota dilakukan di masing-masing lokasi penyelenggara CBT di luar Kampus UII.

3. Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB)

PSB adalah pola penerimaan calon mahasiswa melalui seleksi prestasi Bidang Akademik dan Minat-Bakat. Semua program studi menerima mahasiswa melalui jalur PSB dengan pengaturan kuota dan seleksi yang ditentukan oleh Fakultas. Jalur PSB ini terdiri dari tiga kategori, yaitu Siswa Berprestasi Bidang Akademik, Siswa Berprestasi Bidang Olah Raga dan Seni serta Bibit Unggul Tidak Mampu. Khusus jalur PSB hanya diperbolehkan untuk pendaftar lulusan SMA tahun akademik 2014/2015 dan 2015/2016.

Note: Untuk info lebih lengkap mengenai info penerimaan mahasiswa baru Universitas Islam Indonesia dapat diakses di pmb.uii.ac.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply