Sabtu (22/6) bertempat di Aula Tengah Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, Program Studi Akuntansi menyelenggarakan Pembekalan Alumni.  Beberapa pembicara pada acara tersebut Atrin Meitasari, SE, merupakan alumni program Studi Akuntansi yang berkarir dibidang IT dan akuntan khususnya SAP ERP dan Annisaa Miranty Nurendra, M.Psi, dosen program Studi Psikologi FPSB UII sekaligus Asesor di pusat Psikologi terapan UII.

Atrin Meitasari, SE., merupakan alumni program studi Akuntansi yang expert pada bidang  SAP, yang memulai mengenal SAP ERP melalui UII. Dimulai dengan menjadi asisten dosen ERP, beliau belajar ERP dan memenangkan SAP top ten ERP. Sambil belajar tepat pada Agustus 2008 beliau diterima bekerja pada PT. Elnusa Tbk. salah satu dari anak perusahaan Pertamina yang bergerak dibidang minyak dan gas. Berbekal ilmu ERP saat kuliah, beliau berpesan kepada alumni untuk mencintai pekerjaan dimasa depan nanti agar dapat mengembangkan diri sesuai passion, percaya atau tidak jika kita tidak mencintai pekerjaan dan hanya mementingkan gaji maka karir kedepan akan tertinggal.

Saat ini beliau masih bekerja di bidang SAP ERP di perusahaan SCTV dalam dunia media Meitasari.  Merasa tertantang dan ingin melakukan hal yang tidak pernah dilakukan sebelumnya, rasa ingin tahu yang tinggi, dan ingin mengembangkan pengalaman dalam bidang IT dan akuntan yang sebelumnya pernah didapatkan. Meitasari berpesan fresh graduate diharapkan memiliki soft skill untuk memiliki nilai lebih diterima pada suatu perusahaan.

Meitasari memberikan pengalaman saat melamar. Pertama adalah proses Application and CV, alumni diharapkan melampirkan CV dengan foto dan informasi yang padat. Kedua, tes psikotes sesuai kepribadian agar pekerjaan dapat dilakukan dengan bakat dan minat pada kepribadian masing-masing. Tahap ketiga yaitu interview umum, dalam tahap ini akan dipertanyakan tentang skill yang dimiliki fresh graduate. Tahap keempat adalah tahap medical test, dan tahap terakhir jika diterima mendapatkan offering letter.

Selanjutnya sesi psikologi yang disampaikan oleh Annisaa Miranty Nurendra,M.Psi., yang merupakan dosen program Studi Psikologi FPSB UII. Beliau menyampaikan kepada alumni  bahwa dunia kerja merupakan “Welcome to the Jungle”  dimana dunia yang sesungguhnya sangat berbeda dengan dunia sekolah atau kuliah dimana seseorang dituntut untuk profesional. Pada saat pembekalan alumni, fresh graduate diharapkan dapat menemukan satu pekerjaaan yang dapat memberikan kenyamanan dan sebisa mungkin relevan dengan bidang studi yang dimiliki. Jika memang menemukan pekerjaan yang tidak linear dengan bidang studi, dapat mencoba lowongan terbuka untuk jurusan umum dan alumni dituntut untuk tidak terpaku dengan lamaran satu perusahaan dan sebisa mungkin mendaftar sebanyak mungkin untuk mencoba pada beberapa perusahaan.

Selanjutnya hampir sebagian besar fresh graduate muncul perasaan ketika mendapatkan pekerjaan apakah sesuai dengan passion atau tetap memilih komitmen karena tidak semua alumni mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, sehingga dapat dua kemungkinan apakah seseorang akan melakukan hal-hal yang dicintai atau akan berusaha mencintai pekerjaan yang akan dilakukan. Hal tersebut kembali kepada masing-masing individu. Annisaa menyarankan kepada alumni agar dapat mengenali diri supaya tidak salah pilih, dengan mengenali apa potensi diri sendiri dan memastikan potensi. Selanjutnya, aspek yang paling penting dalam memilih pekerjaan dapat berupa pertimbangan gaji, apakah sesuai dengan kemampuan dan tetap memperhatikan UMR. Selain itu, dalam memilih pekerjaan dapat mempertimbangkan lokasi kerja yang dekat dengan domisili. Jenjang karir sebaiknya sesuai dengan bidang studi sebelumnya ataupun dapat berbeda sesuai dengan kebijakan perusahaan dan apabila para alumni merasa bimbang dalam memilih karir, dapat mendiskusikan pilihan karir dengan orang yang dianggap ahli dan keluarga. (AF/FI)