Pada era industri 4.0 saat ini, banyak pekerjaan yang dilakukan oleh manusia kian fungsinya telah digantikan oleh robot atau komputer. Sebagai seorang akuntan kita harus tau bagaimana cara mempersiapkan diri dalam menghadapi hal tersebut. “Karena ilmu akuntansi itu kan clerical, nah kita harus bisa memposisikan diri sebagai akuntan di industrI 4.0 ini”. tutur Maulidyati Aisyah, S.E., M.Com(Adv). Untuk membuka wawasan mahasiswa yang nantinya juga akan terjun dalam dunia kerja dan semakin mengetahui akan peluang yang mereka miliki, dan jenis pekerjaan apa yang bisa mereka ambil, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) mengadakan kuliah umum yang bertajuk “Bekerja di Era Digital – SAP Konsultan” (22/6). Kegiatan ini ditujukan kepada para mahasiswa yang kini tengah mengambil mata kuliah Sistem Aplikasi ERP – SAP.

Adanya perkembangan teknologi dapat memberikan kemudahan dan membantu dalam melakukan berbagai sektor kegiatan. Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa manfaat teknologi dapat membantu aktivitas manusia menjadi lebih efektif dan efisien. Teknologi sudah menjadi suatu bagian penting dalam kehidupan karena dapat membantu mempermudah proses kerja yang terjadi di kehidupan sehari-hari, baik dari hal kecil hingga pada hal yang kompleks. Tidak hanya memudahkan kehidupan manusia, teknologi juga dapat membantu dalam menunjang suatu bisnis perusahaan.

Enterprise Resources Planning (ERP) merupakan suatu sistem berbasis komputer yang dapat diterapkan oleh perusahaan guna mendukung proses bisnis yang dijalankan. ERP bertujuan untuk mengintegrasikan semua aplikasi  perusahaan ke pusat penyimpanan data agar dengan mudah diakses oleh semua bagian yang membutuhkan.

Astrian Meitasari, S.E, selaku SAP FICO Consultant di PT. Surya Citra Televisi yang juga merupakan pembicara dalam acara kuliah umum kali ini mengatakan bahwa “Walaupun saat ini telah banyak aktivitas yang digantikan oleh robot namun ilmu Akuntansi dan IT tetap membutuhkan tenaga manusia dalam proses pengendaliannya”. Sehingga untuk menghadapi hal tersebut kita harus bisa menjalankan dan menguasai teknologi yang ada. Tidak berhenti sampai disitu, sebagai seorang akuntan dituntut untuk tetap meng-upgrade kemampuan yang telah dimiliki. Hal ini tak lain karena bekerja di era yang serba digital ini akan membuat persaingan semakin ketat, lapangan kerja pun kian waktu telah digantikan dengan teknologi. Sehingga di perlukan skill yang memumpuni untuk dapat mengendalikan hal tersebut.

Dengan adanya kuliah umum ini, program studi akuntansi berharap mahasiswa akuntansi yang memiliki passion di ERP (SAP) mereka bisa menekuni itu sehingga mereka memiliki skill kompetensi yang memadai, agar setelah lulus dari bangku perkuliahan mereka tau apa yang harus mereka lakukan dan mengetahu kemana arah tujuan mereka. (SAL/ERF)