Senin, (8/7), Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia menerima tamu dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus yang sekaligus melakukan studi banding tentang program kelas internasional. Dalam kunjungannya, Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Muria Kudus langsung diterima oleh Dekan Fakultas Ekonomi UII, Jaka Sriyana, SE., M.Si., Ph.D. di ruang sidang p 1.1. Didalam acara studi banding tersebut dijelaskan bahwa program kelas internasional Fakultas Ekonomi UII dimulai pada tahun 1996. Dalam pelaksanaannya, kelas internasional memiliki kurikulum yang sama dengan program studi reguler dan juga memiliki akreditasi yang sama juga dengan program studi kelas reguler. Untuk struktur kepemimpinan mulai tahun 2018 kepala program studi sarjana dibantu oleh dua sekretaris program, yaitu sekretaris program studi reguler dan sekretaris program studi internasional program.

Untuk masuk ke dalam kelas internasional, calon mahasiswaharus memiliki TOEFL minimal sebesar 500 dan memerlukan nilai TOEFL minimal 550 untuk lulus sebagai sarjana dari Program Internasional Fakultas Ekonomi UII. Dalam hal ini, terdapat dua cara untuk masuk kelas internasional, yaitu dengan mengikuti tes khusus untuk masuk program internasional dan juga bisa transfer mahasiswa dari program reguler ke program internasional yang tentunya harus mengikuti tes tambahan berbahasa inggris.

 Dijelaskan juga bahwa pembayaran SPP di program internasional sama seperti kelas regular. Yang membedakan adalah adanya additional fee yang akan berguna untuk mahasiswa nya kembali. Contoh dari additional fee tersebut adalah ketika terdapat mahasiswa yang melakukan perlombaan di luar negeri maka akan ditanggung oleh Fakultas Ekonomi UII. Lalu, untuk di Ijazah kelulusan maka hanya akan ada perbedaan di SKPI saja.

Untuk sertifikasi Program Studi Akuntansi Internasional Program, Fakulta Ekonomi UII bekerja sama dengan SAP ERP. Sedangkan untuk Program Studi Manajemen berkoordinasi sesuai penjurusan di Prodi Manajemen yaitu Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, Manajemen Keuangan dan Manajemen Pemasaran . Untuk Manajemen Operasi sertifikasi yang dipilih adalah CMPM. Sedangkan untuk Prodi Akuntansi terdapat penjurusan yaitu keuangan, audit forensik. Dengan adanya konsentrasi atau penjurusan maka diharapkan mahasiswa akan menjadi saksi ahli apabila terdapat kasus. Mahasiswa dari luar negeri ada juga yang terdapat di kelas internasional di fakultas ekonomi.

Selain itu, di Fakultas Ekonomi  UII terdapat mata kuliah Enterprise Resource Planning  (ERP) yang bekerja sama dengan SAP yang wajib diikuti oleh mahasiswa Akuntansi dan Manajemen yang nanti akan ada sertifikasi bagi mahasiswa yang berkompentensi. Salah satu yang menjadi keunggulan di Fakultas Ekonomi adalah mata kuliah yang memiliki muatan teknologi seperti Sistem Informasi, ERP dan lain-lain. Hal unik lainnya adalah di Fakultas Ekonomi UII  juga memiliki materi yang terdapat nilai- nilai islami di setiap mata kuliahnya. Harapannya seluruh mahasiswa UII dapat menjadi insan rahmatan lil ‘alamin. Untuk lulusan sarjana dan magister di Fakultas Ekonomi sudah bergelar sesuai dengan jurusannya, untuk jurusan Akuntansi bergelar Sarjana Akuntansi (S,Ak.) Sedangkan Manajemen memiliki gelar Sarjana Manajemen (S,M.) dan untuk program studi Ilmu Ekonomi masih tetap bergelar (S.E.)

Selain bertukar ilmu, harapannya dengan adanya studi banding ini Fakultas Ekonomi UII dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus dapat menjalin hubungan dengan baik. (MRG)