Kamis (11/7/2019), Fakultas Ekonomi UII kembali mengadakan acara spesial kali ini dengan mendatangkan tamu dari mancanegara. Jauh datang dari Eropa tepatnya negara Italia, menjadikan acara ini sebagai waktu yang tepat bagi para peserta acara untuk meningkatkan kapabilitasnya terutama dalam hal membuat paper.

Giuseppe Grossi adalah seorang profesor Administrasi Bisnis (dengan fokus pada Manajemen Publik dan Akuntansi) di Departemen Administrasi Bisnis dan Ilmu Kerja. Saat ini, Giuseppe bertindak sebagai associate profesor paruh waktu di University of Siena (Italia).

Dia juga bertindak sebagai rekan peneliti dan profesor tamu di berbagai negara seperti Universitas Stockholm (2010-2011); Universitas Sydney (Juli-Agustus 2011); Victoria University of Wellington (September 2011); dan Universitas Kozminsky (2015 sampai sekarang)

            Pengalaman serta reputasi yang memukau membuat acara sayang untuk dilewatkan. Dengan bertempat di Ruang Sidang Fakultas Ekonomi UII, para peserta yang terdiri dari dosen-dosen bidang akuntansi diberi kesempatan untuk mempresentasikan papernya dan di review secara langsung oleh  Profesor Giuseppe Grossi untuk mengetahui apa yang kurang dan perlu diperbaiki. Dengan berfokus pada Public Sector Accounting, Profesor Giuseppe Grossi juga memapaparkan bagaimana tips membuat jurnal yang baik dan dapat dipublikasikan.

Dalam workshop ini, secara singkat terdapat tiga poin penting terkait pembuatan paper, yaitu :

  1. Journal decision-making process and key decision takers
  2. Papers get (desk) rejection. Why?
  3. Practical advice on how to get publisher in accounting journals

Kendati workshop yang diadakan berupa small group, para peserta dan pembicara tetap terlihat sangat antusias dan hangat. Hal ini direpresentasikan dengan acara yang didesain tidak bersifat kaku melainkan peserta diizinkan bertanya atau menginterupsi di setiap waktu materi dipaparkan.

Acara ini berlangsung selama dua hari di tempat yang sama. Di hari Kamis (11/7/2019) atau merupakan hari pertama, acara dimulai dengan pembukaan hingga sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi UII yaitu Dr. Jaka Sriyana, M.Si. serta dari Ketua APSAE – Moh Mahsun, SE, M.Si, Ak, CA, CPA, CfrA.

Selanjutnya ialah penjelasan teknis singkat terkait pelaksanaan Clinical Papers oleh Fitra Roman Cahaya SE, M.Com, Ph.D. Selepas itu, para peserta mempresentasikan papernya dengan waktu yang telah ditentukan untuk dapat di review oleh Profesor Giuseppe Grossi secara langsung.

Di hari kedua, Jum’at (12/7/2019), acara kembali dilanjutkan dengan presentasi revisi paper oleh para peserta dan di review kembali oleh Profesor Giusepe Grossi. Sebagaimana workshop yang semestinya, Profesor Giusepe Grossi benar-benar menunjukkan kapabilitasnya. Hal ini jelas dimanfaatkan oleh para peserta dengan menimba ilmu sebanyak-banyaknya.

Dengan mengingat bahwa peserta workshop ini yaitu dosen-dosen bidang akuntansi baik yang sudah pernah membuat banyak jurnal hingga yang belum sama sekali, selepas acara ini diharapkan para peserta mendapat pemikiran-pemikiran baru terkait pembuatan paper di Public Sector Accounting.