Sebagai langkah awal untuk memperkenalkan betapa pentingnya The Association of Chartered Certified Accountants (ACCA), Prodi Akuntansi FE UII mengadakan acara UII-ACCA Appreciation Day untuk mahasiswa yang telah lulus dua modul dan berhak menyandang gelar Advanced Diploma in Accounting and Business. Acara ini diselenggarakan di Aula Utara pada hari Minggu (14/07), dengan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik & Riset UII, Dr. Drs. Imam Djati Widodo, M.Eng.Sc., Dr. Mahmudi, SE., M.Si., Ak., CA., CMA selaku Ketua Program Studi Akuntansi FE UII , serta Conny Siahaan selaku Country Head of ACCA Indonesia dan orang tua mahasiswa akuntansi FE UII.

Sertifikasi Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) adalah wadah global bagi akuntan profesional. Ujian kualifikasi ACCA sendiri merupakan ujian bertaraf internasional yang menyediakan kesempatan untuk memiliki karir di luar negeri dalam bidang akuntansi maupun bisnis. Perusahaan akan mengakui kualifikasi ACCA, karena keterampilan dan kompetensi yang dimiliki sangat relevan dengan setiap area akuntansi dan finansial. Acara ini dimulai dengan upacara pemberian sertifikat kepada tiga alumni FE UII yang telah berhak menyandang gelar Advanced Diploma in Accounting and Business yaitu Lyanda Pasadhini, Mudi Waning Utami, dan Tiyas Kurnia Sari. Mereka adalah mahasiswa yang telah lulus memperoleh gelar ACCA setelah sebelumnya menempuh dua ujian kualifikasi ACCA yaitu modul F5 (Performance Management) dan F8 (Auditing & Assurance) dan sekarang ini sedang bekerja di perusahaan Big Four. Setelahnya, tiga mahasiswa UII diberikan kehormatan untuk menjadi pembicara dalam acara ini.

Selanjutnya, pemberian apresiasi juga diberikan kepada dua mahasiswa yang berhasil lulus satu ujian ACCA yaitu Fira Fimanila lulus modul F8 (Auditing & Assurance) dan Nadhira Fitriani lulus modul F5 (Performance Management). Acara ini diadakan untuk memberikan apresiasi sekaligus memberikan motivasi kepada mahasiswa baru untuk bisa seperti alumni-alumni mereka yang telah sukses. Dalam sambutannya, Mahmudi menyampaikan bahwa untuk memperoleh gelar ini diperlukan usaha yang sungguh-sungguh dan kedepannya diharapkan banyak dari mahasiswa akuntansi dapat memperoleh gelar advance diploma bahkan nanti bisa professional level. Beliau mengatakan “Program ACCA ini levelnya Internasional yang dapat mempersiapkan mahasiswa UII dengan kualifikasi dan kompetensi pada level Internasional.”

Dalam kompetisi global ini, Imam Djati juga mengatakan bahwa persaingan merebutkan dunia pekerjaan sangat ketat dan diharapkan mahasiswa UII berbekal kompetensi yang dibutuhkan perusahaan besar global seperti dengan sertifikasi-sertifikasi yang diakui oleh global. Dengan sertifikasi ini diharapkan mahasiswa UII dapat bersaing di dunia Internasional. Lyanda Pasadhini, salah satu penerima gelar advance diploma dari ACCA mengatakan bahwa sebuah kelulusan dari ACCA itu bukanlah point utamanya, “ Point utama adalah kalian akan mempunyai  yang membuat kalian menjadi professional dan akan membedakan kalian dari teman-teman kalian yang hanya S.Ak.,” tandasnya. Dengan adanya acara ini, prodi Akuntansi berharap bahwa kedepannya mahasiswa prodi Akuntansi FE UII dapat termotivasi untuk mengikuti jejak penerima gelar ACCA agar bisa menjadi akuntan ataupun professional keuangan yang dapat bersaing dengan dunia global. (VRS)