Selasa (13/08) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor (FEB UIKA Bogor) berkesempatan untuk berkunjung ke Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII). Kedatangan delegasi FEB UIKA Bogor ini disambut hangat oleh Jaka Sriyana SE., M.Si., Ph.D selaku Dekan FE UII beserta jajarannya di Ruang Sidang 1/1. 

Didi Hilman, SH., MH., M. Pd.I. selaku Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Islam Ibn Khaldun Bogor menyampaikan bahwa studi banding ini bertujuan untuk bertukar ilmu mengenai sistem pembelajaran yang diterapkan di FE UII. Salah satunya terkait dengan rencana dibukanya Program Studi Ilmu Ekonomi oleh UIKA Bogor, yang sudah direncanakan sejak lama oleh Rektor UIKA Bogor.

“Hal ini perlu dilakukan mengingat namanya sendiri adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, namun Fakultas ini belum meluluskan mahasiswanya dengan gelar Sarjana Ekonomi, dikarenakan belum adanya Program Studi Ilmu Ekonomi” pungkas Dr. Hj. Immas Nurhayati, SE., MSM., selaku wakil rektor bidang Pengelolaan Sumberdaya.

Untuk meningkatkan kemampuan guna pencapaian prestasi yang dapat membanggakan Universitas maupun dosen, FE UII juga telah menerapkan beberapa kebijakan. Seperti halnya dengan menyekolahkan kembali beberapa dosen S2 pada Program Doktor (S3). Selain itu pemberian fasilitas untuk pengembangan mengenai kemampuan dan keahlian dosen  yang dapat menunjang dan menghasilkan jurnal penelitian yang dipublikasikan dengan standar Internasional.

Sebagai instansi perguruan tinggi, FE UII  juga terus berupaya untuk meningkatkan kulitasnya tidak hanya ditingkat nasional namun juga internasional dan dapat diwujudkan dalam sertifikasi internasional yang merupakan bentuk komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.  

Dra. Siti Nursyamsiah, MM. selaku Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni FE UII menambahkan beberapa informasi mengenai fasilitas laboratorium dan sistem pembelajaran. Salah satu keunggulan yang dimiliki FE UII adalah penerapan mata kuliah Sistem Aplikasi ERP–SAP yang dilakukan oleh Program Studi (Prodi) Akuntansi. Dimana Prodi Akuntasi telah menjadi salah satu anggota SAP University Alliance, serta memasukkan mata kuliah ERP Government (Enterprise Resourch Planning Government) ke dalam kurikulum tersebut.

Harapannya dari kegiatan ini ada ilmu yang dapat diambil dan nantinya bisa diterapkan sesuai dengan keunggulan dan ciri khas yang ada di UIKA Bogor. Serta jalinan silahturrahmi antara FE UII dan FEB UIKA Bogor dapat terus terjalin dengan baik. (MSD)