Menyambut  Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 bidang kemahasiswaan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam Indonesia (UII) gelar workshop dan juga info session yang bertajuk Banggakan UII Dengan Karyamu. Acara yang berlangsung pada Jumat (20/09) ini turut menghadirkan pembicara yang mumpuni di bidangnya, seperti Arif Fajar Wibisono, SE. M.Sc. selaku Kepala Divisi Pembina Prestasi UII dan juga Idznila Sabrina yang merupakan ketua tim “BuKuy” peraih penghargaan favorit dalam PIMNAS ke-32. Acara yang dilaksanakan di ruang P1/2  FE UII ini ramai dihadiri oleh segenap mahasiswa-mahasiswi program studi manajemen, akuntansi dan juga ilmu ekonomi.

Dra. Siti Nursyamsiah, MM. selaku Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni FE UII berharap di tahun 2020 nanti dapat kembali mencetak tim-tim yang dapat lolos pada PIMNAS ke-33 dan juga dapat meraih gelar juara.

“Pada tahun kemarin kita dapat mengunggah lebih dari 103 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Di tahun 2019 nanti, harapannya kita dapat kembali lebih banyak mengirimkan proposal PKM, sehingga kedepannya peluang untuk mahasiswa lolos PIMNAS bisa lebih banyak”, pungkasnya.

Nursyamsiah juga turut menambahkan bahwa workshop kali ini dilakukan sebagai bentuk ikhtiar menuju PIMNAS ke-33 sehingga dapat menambah semangat mahasiswa FE UII dalam menulis proposal PKM yang baik dan sesuai dengan standar dari RISTEKDIKTI (Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi). Mengingat yang menjadi standar utama dalam proposal PKM ini adalah segi penulisan.

Pada tahun 2019, UII telah mendapat kehormatan menduduki peringkat ke-17 dari 2.141 perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Salah satu yang mendasari kenaikan peringkat ini adalah meningkatnya aktivitas kemahasiswaan.

Senada dengan hal tersebut, Arif Fajar Wibisono, SE. M.Sc. mengatakan bahwa PIMNAS merupakan program yang prestisius dalam kompetisi nasional mahasiswa.

“PIMNAS ini adalah program yang sangat prestisius. Karena hal ini merupakan  salah satu aktivitas yang memiliki bobot terbesar dalam pemeringkatan perguruan tinggi oleh RISTEDIKTI”, tuturnya. “Dalam PKM ini yang perlu digarisbawahi adalah pada kreativitasnya, nilai keunggulan yang menjadi poin utama disini yaitu kreativitas yang diciptakan oleh mahasiswa”, lanjutnya.

Arif juga menambahkan bahwa UII juga telah memfasilitasi mahasiswanya dalam pengurusan administrasi dan proses pendampingan penulisan proposal PKM hingga menuju PIMNAS, hal tersebut diwujudkan melalui website pkmcorner.uii.ac.id.

“Bagi seluruh mahasiswa sekarang ini tidak perlu khawatir, karena saat ini kita sudah memiliki fasilitas yang mempermudah anda dalam mengurus administrasi dan juga pendampingan menuju PKM hingga nanti ke PIMNAS. Anda sekalian dapat dengan mudah memperoleh segala bentuk informasi melaui website yang telah UII sediakan pkmcorner.uii.ac.id,” tegas Arif. (ERF/AR)