,

FE UII Siapkan Mental Mahasiswa Baru Program Magister dan Doktor

Behavior Modeling for Learning (BML) adalah acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi UII (FE UII) untuk menyambut para mahasiswa baru dari program Magister dan Doktor FE UII. Dalam acara yang bertempatkan di Gedung P Fakultas Ekonomi UII itu dibuka oleh Drs. H. Syafaruddin Alwi, M. S. sebagai pembicara. Tujuan dari rangkaian acara pertama ini adalah untuk mengenalkan rangkaian acara lainnya yang akan dilakukan  kepada para mahasiswa baru, kegiatan  ini diharapkan dapat menjadi pembekalan para mahasiswa baru selama menjalankan studi magister dan doktor di FE UII.

Pada pembukaan acara, pembicara menyarankan agar mahasiswa harus haus akan ilmu dan menyukai pembelajaran, baik tertulis, ataupun dalam forum seperti diskusi. Hal itu karena sesuai dengan tema acara tersebut yaitu, Menggapai Sarjana Ulil Albab menuju Rahmatan Lil ‘Alamin. Dengan membiasakan diri membaca dan belajar akan suatu hal, membuat pribadi menjadi lebih kritis dan diharapkan dapat mengambil kesimpulan dari apa yang dipelajari. Lalu, dengan mendiskusikannya tentu ilmu tersebut dapat dibagikan sekaligus dipelajari bersama. Dalam hal ini, pembelajaran adalah poin penting karena pembelajaran menjadi awal untuk membantu masyarakat.

“Yang membedakan sarjana dengan ilmuan terletak pada representasi ilmu yang telah ia pelajari selama hidupnya dan dapat menerapkan ilmu tersebut untuk kemaslahatan umat, itulah yang menjadikan kita Rahmatan lil ‘alamin,” Ungkap Syafaruddin Alwi.

Dalam melakukan pembelajaran seperti membaca buku dan menumbuhkan rasa cinta terhadap ilmu, diharapkan mahasiswa baru dapat membuat konsep sehingga menjadikan mahasiswa menjadi manusia yang mempunyai kompetensi di bidangnya.

Selanjutnya acara tersebut ditutup dengan memberikan arahan kepada mahasiswa baru untuk mempersiapkan diri karena agenda BML selanjutnya akan dilaksanakan hari sabtu tepatnya pada tanggal 5 Oktober 2019 di Magelang. Salah satu rangkaian kegiatan selanjutnya adalah Outbond dimana kegiatan  tersebut bertujuan untuk melatih rasa kepemimpinan dan kekompakan para mahasiswa baru , kegiatan ini diagendakan akan selesai pada hari Minggu tanggal 6 Oktober 2019. (ASH/DMZ)