,

Kendalikan Biaya dengan Strategi ABC

Rabu (09/10) Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) mengadakan General Lecture On Management Control System yang bertajuk “Costing And Pricing For Higher Education” di ruang Aula Utara FE UII. Kegiatan kali ini menghadirkan  Assoc,. Prof. Dr. Sofiah Md Auzair, Deputy Dean for Postgraduate Affairs dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) sebagai pembicaranya.

Dr. Mahmudi, SE., M.Si., Ak., CA., CMA selaku ketua Program Studi Akuntansi FE UII dalam sambutannya menyampaikan, “Kuliah umum kali ini bisa menambah wawasan terkait isu-isu mengenai akuntan pada revolusi industri 4.0.,” jelasnya.

Mahmudi menjelaskan bahwa di era yang semakin maju ini, peran akuntan tidak hanya dalam bidangnya, namun juga harus menguasai keterampilan lain yaitu mendesain proses bisnis dalam suatu sistem informasi akuntansi yang mendukung penyediaan informasi berbasis teknologi informasi untuk mendukung pengendalian manajemen.

Assoc,. Prof. Dr. Sofiah Md Auzair menyampaikan bahwa, “Sebagai seorang akuntan, ada beberapa hal yang perlu diberikan perhatian lebih dalam pengendalian biaya, yaitu perhitungan akuntabilitas secara benar melalui Activity Based Costing (ABC) sebagai metode untuk menentukan harga produk,” ujarnya.

Metode ABC meningkatkan biaya konvensional dengan membangun hubungan langsung antara kegiatan yang dilakukan dan outputnya. Hal ini tentunya membantu pengontrolan biaya karena harga produk yang dikeluarkan dapat lebih akurat. Beliau menekankan bahwa apa yang dibutuhkan tidak hanya planning tetapi juga bagaimana cara mengkomunikasikan dan mengevaluasi hal tersebut.

Sofiah berpesan, “Manajemen bukan tentang memangkas biaya tetapi tentang mengoptimalkan kinerja, dengan cara mengelolanya dengan benar.” (HLL/SFR)