,

Business and Accounting Competition: Ajang Melatih Generasi Muda dalam Mengelola Bisnis Berbasis Teknologi

Kehadiran revolusi industri 4.0 saat ini tidak bisa dihindari lagi. Keadaan ini memberikan tuntutan kepada generasi muda diseluruh dunia untuk melek teknologi dan siap dengan dunia bisnis digital.

Di era revolusi industri 4.0 perubahan lingkungan bisnis terjadi sangat cepat sehingga generasi muda dituntut menjadi pribadi yang lebih adaptif. Menanggapi hal tersebut Program Studi Akuntasi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) mengadakan Business Simulation Games, dimana ini adalah salah satu dari rangkaian acara Business and Accounting Competition (BAC) .

BAC merupakan kompetisi di bidang bisnis dan akuntansi yang bertujuan untuk memperkenalkan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat dengan dunia digital 4.0. BAC sendiri akan diselenggarakan pada tanggal 19-21 November 2019. Kegiatan ini terdiri dari beberapa rangkaian acara yaitu Business Simulation Games, Business Plan Competition, Business Vlog Competition, Mobile Photo Contest, dan  Talkshow.

Business Simulation Games yang diselenggarakan pada tanggal 10 – 11 Oktober 2019 ini merupakan sebuah kompetisi berupa simulasi bisnis berbasis teknologi yang dimainkan secara beregu. Kompetisi ini menuntut peserta untuk mengambil keputusan bisnis secara cepat dan tepat. Secara lebih detail, kompetisi ini akan membantu peserta untuk belajar mengenai fundamental ekonomi dan bisnis, manajemen operasional bisnis, Enterprise Resource Planning (ERP), dan Logistics and Supply Chain Management (SCM).

Terdapat 31 tim yang berpartisipasi dalam kompetisi Business Simulation Games yang berasal dari siswa-siswi SMA/sederajat disekitar Jawa Tengah. Harapannya dengan terselenggaranya BAC ini akan membuat anak muda lebih siap untuk masuk ke era industri 4.0 yang mana teknologi memainkan peran penting dalam setiap kegiatan. ( ERF / SHP)