Revolusi Industri 4.0 diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup manusia dan tatanan kehidupan di seluruh dunia. Selain itu, revolusi industri yang tengah dihadapi ini juga diprediksi akan membuat perubahan sosial dan pergeseran segi bisnis.

Dengan meningkatnya perkembangan teknologi informasi, tentu faktor manusia dalam berbisnis juga tidak kalah penting. Manusia merupakan penggerak dari kesuksesan suatu bisnis, sehingga pengelolaan manusia dalam bisnis pun menjadi sebuah kewajiban dalam menghadapi revolusi industri ini.

Menanggapi hal tersebut, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam Indonesia (UII) mengadakan Pelatihan Aplikasi E-Performance berbasis balance scorecard pada Senin (14/10).

 “Dalam menghadapi revolusi industri, aplikasi E-Performance memiliki dua tujuan strategis. Pertama, sebagai upaya mendukung implementasi teknologi informasi dalam mengelola bisnis, dan kedua, sebagai upaya mengendalikan proses implementasi strategi perusahaan melalui kinerja karyawan.” Ujar Arif Hartono selaku Ketua Jurusan Manajemen FE UII UII

Kegiatan yang dilaksanakan di Lab F FE UII ini ditujukan bagi para dosen guna memutakhirkan pengetahuan dan wawasan mengenai perkembangan ilmu manajemen strategis dan implementasi balance scorecard dalam mengelola kinerja sumber daya manusia.

Aplikasi yang digunakan adalah karya anak bangsa E-performance bernama “HIPRO”. Secara umum, aplikasi ini mampu membantu organisasi dalam memformulasikan strategi, menyusun key performance index (indeks utama kinerja), menyusun dan menyalirkan balance scorecard, serta memonitor dan mengevaluasi kinerja karyawan.

Pelatihan ini menghadirkan pembicara Ade Ahmad Rozi, MBA, Ph.D, Chief Executive Officer Havara Consulting yang juga merupakan alumni Jurusan Manajemen FE UII tahun 1990 sekaligus pemberi hibah aplikasi “HIPRO” ini.

Dengan adanya pelatihan ini, para dosen diharapkan dapat mengintegrasikannya ke dalam pengajaran mata kuliah Manajemen Kinerja sebagai upaya mengadopsi perkembangan teknologi sekaligus meningkatkan kompetensi teknis dan manajerial mahasiswa.

Tak hanya itu, pemanfaatan aplikasi ini juga akan diintegrasikan dalam pengelolaan capaian kinerja sumber daya manusia di FE UII secara berkala, baik bulanan, kuartal, semester maupun tahunan. Hal itu sebagai upaya peningkatan kualitas operasional dan manajerial FE UII.

“Selain itu, Jurusan Manajemen FE UII  bersama Prospero Management juga memiliki agenda akan memberikan pelatihan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) guna ikut memanfaatkan aplikasi ini dalam rangka meningkatkan daya saing sebagai bentuk dari implementasi dharma pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat,” tambah Arif. (DYH/AYS)