Workshop dan Expo mempunyai peran penting dalam meningkatkan keterampilan dan kreativitas selain dunia akademik yang mana keterampilan tersebut memainkan peran penting di masa depan. Hal ini menjadi penting, mengingat keterbatasan dalam praktik wawasan industri kreatif di dalam kelas. Kehadiran narasumber dari dunia industri kreatif diharapkan mampu membuka wawasan baru bagi mahasiswa untuk melahirkan ide-ide kreatif dan inovatif.

Oleh karena itu, workshop dan Expo Kewirausahaan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan tahunan Business Festival for Z Generations (BizFEz) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Workshop yang diadakan di Hall Tengah FE UII (14/10) ini  diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas mahasiswa dengan menghadirkan narasumber yang merupakan representasi dari dunia kreatif.

Workshop kali ini menjelaskan tentang pembuatan Tote Bag Painting atau cara melukis di tas jinjing. Terdapat 25 mahasiswa FE UII yang berpartisipasi dalam workshop ini. Workshop ini menghadirkan Fatma selaku praktisi Tote Bag Painting sekaligus mahasiswi FE UII yang mampu menginspirasi para peserta dalam kegiatan tersebut.

“Dalam memulai usaha diperlukan ketekunan, kesabaran, dan kejelian dalam melihat peluang yang ada. Kejelian terhadap melihat peluang ini dapat menjadikan kita lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produk yang diminati pasar,” jelas Fatma. Sementara itu penting juga untuk memperbaiki niat dalam memulai usaha. Segala sesuatu harus dimulai dengan niat yang baik agar diberikan kelancaran dan kemudahan dalam menjalani apa yang diniatkan.

“Untuk memaksimalkan kreativitas usaha yang ada selagi masih ada di bangku perkuliahan. Jangan sampai peluang yang begitu banyak ini nantinya terlewatkan begitu saja,” tambah Fatma.

Sedangkan expo yang diadakan di Lapangan Sorak FE UII (14-15/10) ini merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa untuk menampilkan bisnisnya. Expo ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan mahasiswa dengan menyediakan tempat untuk berjualan yang merupakan bisnis dari mahasiswa itu sendiri. Selain itu, dalam expo ini mahasiswa dapat menerapkan ilmunya di luar kelas. Terdapat 12 tenant food maupun non-food yang berpartisipasi dalam expo yang berasal dari mahasiswa FE UII.

Expo ini diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi mahasiswa untuk mengembangkan ide ide baru dalam konteks bisnis di era digital guna menciptakan inovasi di masa depan. Hal ini merupakan bagian dari upaya untuk mendorong munculnya gerakan positif dan inovatif yang memberi manfaat positif kepada lingkungan. (ADN)