Saat ini, ketersediaan akan sarana dan prasarana pendidikan di Indonesia sudah sangat memadai. Namun, hal tersebut tidak mengurung semangat para mahasiswa untuk melanjutkan studi di luar negeri. Apalagi, kini sudah banyak sekali tawaran beasiswa yang ada di lingkungan kita. Selain dapat memperoleh banyak pengalaman selama berdomisili di negara tujuan studi, peserta juga akan meraih berbagai pengalaman belajar dan lingkungan hidup yang baru di kancah global sesuai keilmuannya.

Fakultas Ekonomi UII memfasilitasi kebutuhan mahasiswa akan informasi tersebut dengan menghadirkan pembicara yang bergelut di bidangnya yang direalisasikan dalam seminar “International Exposure”.

Seminar (17/10) yang bertempat di ruang P ½ dibuka oleh Bapak Anjar Priyono, S.E., M.Si., Ph.D., selaku Ketua Program Studi Manajemen, beliau menyampaikan beberapa hal terkait pentingnya melanjutkan studi, dan beberapa hal yang mesti menjadi perhatian oleh mahasiswa setelah lulus.

“Kalau saudara perhatikan itu, teman-teman yang baru saja lulus terlihat bersenang-senang di sosial media, mengunggah foto-foto kelulusannya di Facebook, Instagram, atau media sosial lainnya. Ketahuilah saudara, bahwa kesenangan itu sebetulnya adalah fana. Kesenangan itu hanya akan bertahan sebentar, dan tanda tanya besar yang akan datang selanjutnya adalah, ‘so, what’s next?’ Maka dari itu, itulah yang akan menjadi perhatian pembicaraan kita pada hari ini, bagaimana supaya kesenangan itu tidak fana. Bagaimana langkah selanjutnya setelah lulus?” pungkasnya.

Beliau menambahkan, “Saudara, kesuksesan itu tidak bisa diraih dengan instan seperti saat anda mengambil foto kelulusan, tidak bisa disiapkan se-instan saat seperti ingin mengunggah foto di Instagram. Itulah mengapa saudara harus mempersiapkannya dari sekarang.” ucapnya.

Seusai menyampaikan sambutannya, Anjar mempersilakan pembicara pertama untuk menyampaikan materinya. Pembicara pertama yaitu Faneni Intan Hartika selaku CEO Inspira Solution. Di awal, beliau menyampaikan sekilas terkait Inspira Solution yang dinaungi, dan menjelaskan bahwa untuk belajar di luar negeri itu tidak sulit. Beliau juga menyampaikan bahwa penting bagi kita untuk mempersiapkan segalanya sejak dini.

Dilanjutkan oleh pembicara kedua, yaitu Siti Mahdaria yang juga merupakan alumni FE UII. Beliau menyampaikan pengalamannya selama mengenyam pendidikannya di luar negeri dan bagaimana ia bisa survive selama belajar di sana. Ia juga menceritakan beberapa kisah serunya hidup dan belajar di luar negeri.

Materi yang disampaikan kedua pembicara membuat peserta antusias dan semakin menambah wawasan mereka kaitannya dengan melanjutkan studi di luar negeri dan beragam beasiswa yang ada. Harapannya, peserta dapat mengambil manfaat dari seminar ini dan semakin bersemangat untuk menuntut ilmu setinggi mungkin. (NFF/DHK)