Cuaca sejuk dan berawan Sabtu pagi (2/11) mengiringi keberangkatan Tim ERP-SAP Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) menuju Kota Magelang. Tujuan tim menuju kota Magelang adalah untuk melaksanakan kegiatan bertajuk Young thinker yang diinisiasi oleh Prodi Akuntansi FE UII. 

Young thinker adalah sebuah kegiatan yang bertujuan memberikan kontribusi terkait dengan perkembangan teknologi sehingga mempersiapkan generasi muda agar siap memasuki era baru di masa yang akan datang. Program Young thinker sendiri terdiri dari tiga bagian yakni coding untuk tingkat SD, data analysis untuk SMP, dan business games yang biasa diadakan untuk tingkat SMA. Pada kesempatan kali ini sekolah yang beruntung dapat bekerja sama dengan ERP-SAP Prodi Akuntansi FE UII adalah SMP Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang (SMP Mutual).

Kegiatan dimulai pukul 10.00 WIB diawali oleh sambutan hangat yang diberikan Wasiun, S.Pd., M.PdI selaku kepala sekolah SMP Mutual dan dilanjutkan dengan sambutan dari Rifqi Muhammad S.E., S.H., M.Sc., SAS., Ph.D selaku perwakilan dari UII. 

Dalam sambutannya Rifqi menyampaikan “Acara Pelatihan Data Analytics Olympics Dashboard dilaksanakan dengan upaya tanggung jawab sosial di komunitas khususnya dalam bidang pendidikan. Tujuan lainnya adalah memberikan soft skill bagi para siswa di SMP Mutual sehingga kegiatan dapat dirasakan manfaatnya”. 

Kegiatan pelatihan dipandu oleh para asisten laboratorium dari ERP-SAP Prodi Akuntansi. Sebelum memasuki kegiatan inti para peserta kegiatan terlebih dahulu diperkenalkan mengenai data, analisis, dan pemanfaatannya karena data sangat penting untuk dipahami dan dipelajari sebagai dasar mengambil keputusan. Saat sesi games dilaksanakan terlihat para peserta sangat antusias untuk menyelesaikan games yang telah disiapkan oleh panitia. Antusias ini diakui oleh Ica, salah satu peserta pelatihan,  mengungkapkan bahwa melalui kegiatan Pelatihan Data Analytics Olympics Dashboard ia dapat belajar mengatur strategi, kekompakan tim dan mempelajari hal baru yang menarik. 

Direktur ERP Prodi Akuntansi Dra. Isti Rahayu M.Si., Ak. menyampaikan bahwa “Melalui kegiatan ini diharapkan lulusan dari FE UII khususnya prodi akuntansi akan memiliki literasi teknologi, literasi data, dan juga human literasi. Di sisi lain, diharapkan siswa juga menjadi lebih siap dan familiar serta dapat menyiapkan masa depan dengan lebih baik”. (DMR/MNZ)