Selasa (19/11) bertempat di Ruang Kelas II/6 Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, telah diadakan “Pelatihan Penelitian Kualitatif” yang diisi oleh Dr. Eko Atmadji, M.Ec yang merupakan dosen Program Studi Ilmu Ekonomi Program Magister, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia. Acara ini berlangsung selama dua jam mulai pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB dan acara gratis tanpa dipungut biaya.

“Pelatihan ini diadakan untuk memperkenalkan mahasiswa tentang pendekatan penelitian kualitatif yang mulai ditinggalkan karena kita selama ini terlalu terkagum-kagum dengan pendekatan kuantitatif seperti statistik, ekonometri dan lainnya.” Tutur Eko saat menjelaskan tujuan dari acara ini. “Tetapi sebetulnya ada kelemahan dari penelitian kuantitatif, yaitu hanya memperlihatkan angka dan menunjukkan perilaku tetapi untuk suasananya tidak terdeteksi, padahal itu penting untuk bisa melihat suasana. Selain itu, latar belakang juga tidak kalah penting dalam sebuah penelitian dan hal ini mulai dilupakan. Maka dari itu, saya mengenalkan kepada mahasiswa bahwa ada pendekatan lain selain pendekatan kuantitatif dimana hasil dari pendekatan kualitatif itu tidak kalah powerfull dari pendekatan kuantitatif.” Tambah Eko saat memaparkan tujuan acara ini.

Beliau juga menambahkan bahwa penelitian kualitatif merupakan penelitian yang biasanya berkaitan dengan sosial yang lebih membutuhkan deskripsi daripada hanya sekadar angka. Hasil dari penelitian kualitatif adalah deskripsi serta analisis tentang kegiatan, dan juga peristiwa-peristiwa penting. Masukan yang sangat penting untuk menyempurnakan praktik adalah beberapa studi kasus yang dilakukan secara terpisah pada kurun waktu yang berbeda terhadap fokus masalah, kegiatan dan program yang sama.

Hasil dari penelitian kualitatif akan memiliki nilai yang lebih tinggi dari penelitian kuantitatif jika hasil dari penelitian kualitatif bersifat mendalam dan juga rinci. Dengan demikian, yang dituju dalam penelitian ini adalah interpretasi atas apa yang terkandung dalam sebuah teks dan bukannya untuk menghasilkan angka-angka. Interpretasinya disampaikan melalui laporan-laporan naratif yang terperinci mengenai persepsi, pemahaman atau penuturan para partisipan terhadap fenomena yang dimkasud. Dikarenakan ilmu ekonomi juga ilmu sosial, maka penelitian kualitatif ini dapat sejalan dengan penerapan ilmu ekonomi tersebut.

Untuk output yang ingin dicapai diantaranya adalah ada keinginan dari mahasiswa agar mulai tumbuh keinginan untuk memproposalkan penelitian kualitatif. Sehingga Bapak Dr. Eko Atmadji M.Ec juga memaparkan bahwa untuk mendapatkan data secara kualitatif itu juga tidak mudah. (NDP/AFM)