Untuk mendapatkan pendidikan yang layak bukanlah suatu hal yang mustahil. Saat ini sudah banyak kampus yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi ataupun kurang mampu. Beasiswa tentu sangat membantu orang-orang yang membutuhkan, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak mendapat pendidikan yang layak. Selain itu, cara untuk mendapat beasiswa pun sangat mudah, kita hanya perlu mengikuti prosedur dengan taat.

Untuk mengedukasi mahasiswanya, Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam Indonesia (UII) mengadakan info session terkait beasiswa. Acara yang diselenggarakan di Aula Utara (29/11) menjelaskan bahwa beasiswa terdiri dari dua jenis beasiswa, yaitu beasiswa internal dan beasiswa eksternal.

Hazhira Qudsyi S, Psi. M.A. selaku Kadiv. Pembinaan Kepribadian dan Kesejahteraan DPK UII menjelaskan beasiswa internal merupakan bantuan yang diberikan secara langsung oleh UII kepada mahasiswa yang membutuhkan. Ada beberapa bentuk beasiswa yang ditawarkan yaitu beasiswa Unggulan UII, Hafiz Al-Qur’an, prestasi akademik (IPK tinggi), pondok pesantren, PSB dhuafa, alumni.

Hazhira mengungkapkan bahwa “Kita harus memiliki strategi untuk mendapatkan beasiswa, beberapa tips untuk mendapatkan beasiswa, yaitu dengan aktif mengecek info tentang beasiswa di website maupun instagram kemahasiswaan UII. Selain itu pastikan membaca dengan detail informasi yang tertera di website atau Instagram tersebut. Setelah itu melengkapi segala persyaratan, melampirkan berkas-berkas, dan pastinya bersikap jujur, serta terus berdoa kepada Tuhan agar dikabulkan.”

“Kunci utama yang perlu dimiliki untuk mendapatkan beasiswa adalah kejujuran. Kenapa? Karena beasiswa merupakan suatu keberkahan, maka jika kita berbohong beasiswa yang kita dapat pun tidak berkah.” Ungkap Hazhira saat memberikan tipsnya. 

Selain beasiswa internal, kemahasiswaan UII juga menyediakan beasiswa eksternal seperti bidikmisi, PPA, Dikpora DIY, Toyota Astra, PIISEI, YVDMI, Cendekia BAZNAS, Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, BPD Syariah, Beasiswa Sarjana Muamalat dan Beasiswa Tokopedia. Untuk persyaratannya sama dengan beasiswa internal, namun diutamakan bagi mahasiswa yang memiliki nilai diatas rata-rata dan membutuhkan bantuan keuangan. 

Senada dengan hal tersebut Dr. Phill Emi Zulaifah M, Sc turut menerangkan terkait beasiswa LPDP. Beasiswa LPDP merupakan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah kepada mahasiswa. Untuk mendapatkan beasiswa LPDP ini membutuhkan usaha yang lebih besar dibandingkan dengan beasiswa internal UII seperti yang dijelaskan sebelumnya. “Pertama, kita harus mengumpulkan berkas-berkas persyaratan, kemudian mendaftar secara online. Setelah mendaftar secara online tahap selanjutnya bagi yang lolos seleksi ada tahap Leaderless Group Discussion (LGD) untuk melihat bahwa tidak adanya rasa dominan dan over exposure di antara calon pendaftar. Lalu, di tahap terakhir ada wawancara yang dilakukan oleh 3 orang, biasanya 3 orang itu terdiri dari tenaga pendidikan, psikolog dan kebangsaan,” ungkap Emi.

Kini mahasiswa tidak perlu takut untuk melanjutkan jenjang pendidikannya karena keterbatasan biaya. Banyak sekali beasiswa yang ada dan ditawarkan baik dari internal kampus maupun eksternal kampus yang dapat diikuti. (AA/DYH)