,

Pengurus IKA Program Studi di Lingkungan FE UII Dilantik

Hidup dalam kebersamaan merupakan hal yang indah. Begitu juga di suatu instansi pendidikan, hubungan antara universitas dan alumni juga sangat patut untuk terus dijalin dengan baik. Silaturahmi ini memiliki manfaat agar mendapatkan relasi dan untuk membantu universitas dalam menghadapi tantangan pengelolaan perguruan tinggi. Kebersamaan dapat dirasakan dan mempunyai arti penting apabila tumbuh dan berkembang sejalan dengan adanya suatu kebutuhan bersama yang mengikat dan menjalin silaturahmi antar sesama alumni.

Sehubungan dengan hal itu, Jumat (6/12) Fakultas Ekonomi UII mengadakan acara Pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Program Studi di Lingkungan FE UII yang dilaksanakan di Aula Utara. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FE UII, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) IKA UII Daerah Istimewa Yogyakarta, dan segenap jajarannya serta para alumni FE UII  yang telah mengepakkan sayapnya di dunia karier.

Ramah tamah yang terjalin ini dimaksudkan untuk menyambung silaturahmi antar alumni yang membuat suasana pelantikan semakin hangat antara pengurus IKA dari masing-masing prodi yang ada di lingkungan FE UII.  

Kepengurusan ini berkedudukan sebagai pengurus pusat di Yogyakarta serta memiliki masa bakti 4 tahun periode 2019-2023. Kepengurusan IKA yang terbentuk terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara dan bidang-bidang lainnya dalam menjalankan kebijaksanaan maupun program kerja.

Dalam sambutannya, Didik Nur Dewantara SH MM sebagai Ketua IKA UII DPW D.I.Yogyakarta menegaskan bahwa “Peran alumni sangatlah penting untuk membantu secara khusus kebutuhan yang dibutuhkan di masing-masing prodi di dalam pengembangan prodi maupun fakultas.”

Jaka Sriyana, SE., M.Si., Ph.D. selaku Dekan FE UII dalam sambutannya turut menyampaikan rasa terima kasih untuk alumni yang sudah datang di acara pelantikan kepengurusan. “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh alumni yang telah meluangkan waktu untuk dapat hadir pada pelantikan kali ini,  dan selanjutnya semoga kita bisa terus bersinergi untuk membina dan membangun FE UII,” pungkasnya.

Acara pelantikan berlanjut dengan agenda pemaparan materi dengan tema “Peran Strategis Alumni Dalam Meningkatkan Rekognisi Institusi” yang disampaikan oleh Abdurrahman Al Faqiih, S.H., M.H., L.LM. selaku Direktur Direktorat Pengembangan Karier dan Alumni (DPKA) UII. “Perkembangan zaman pada saat ini membuat tantangan dalam pengelolaan perguruan tinggi semakin komprehensif, karena itu tidak cukup jika hanya melibatkan tenaga pendidik saja, diperlukan juga peran alumni untuk ikut serta dalam membangun almamater kita tercinta ini”, terang Abdurrahman.

Selain itu Abdurrahman Al Faqiih juga menyampaikan bahwa Peran IKA dapat membantu UII dalam banyak hal. “IKA UII Program Studi dapat membantu UII dalam banyak hal, khususnya dalam pendataan alumni, karena faktanya alumni saat ini berjumlah kurang lebih 98.000 orang, tetapi tidak didukung dengan pengelolaan data yang baik, karena pentingnya pengelolaan data ini sehingga diharapkan IKA dapat membantu pendataan alumni-alumni”, pungkasnya.

Keberadaan alumni sangat penting untuk membawa almamaternya dalam memperluas jaringan. Harapannya IKA dapat memberikan peran agar alumni bisa saling memiliki ikatan yang erat dalam membantu memberikan pengetahuan mahasiswa dalam dunia kerja. (DH)