Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) mengadakan kegiatan International Student Mobility (ISM) yang diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 2019 hingga 18 Desember 2019. Kegiatan ini ditekankan kepada organisasi mahasiswa FE UII untuk menjalin kerja sama internasional dengan organisasi mahasiswa yang berada di luar negeri.

Kerja sama internasional ini berupa sebuah kolaborasi. Kolaborasi memberikan banyak manfaat bagi suatu organisasi, karena secara tidak langsung dengan terjadinya kolaborasi dapat menambah ilmu, pengalaman hingga sebuah wadah untuk belajar bagi kedua belah pihak.

Pada kegiatan ISM ini, universitas yang menjadi tujuan berada di Malaysia yaitu Univesiti Sains Islam Malaysia dan Univesiti Putra Malaysia. Kemudian FE UII juga melakukan program Corporate Social Responsibility (CSR) yaitu dengan memberikan santunan kepada anak-anak yatim di panti asuhan Cahaya Kasih Bestari. Peserta yang mengikuti ISM ini terdiri dari sebelas dosen dan enam belas perwakilan mahasiswa. Mahasiswa-mahasiswa tersebut merupakan perwakilan dari setiap lembaga yang ada di FE UII.

Arief Rahman, SE., M.Com., Ph.D selaku Wakil Dekan Bidang Sumber Daya berharap kegiatan ini dapat memperluas wawasan dan relasi. Ia menyampaikan “Kita ingin mendorong mahasiswa untuk memperluas wawasannya, tidak hanya wawasan di Indonesia. Poin yang paling penting adalah mahasiswa dapat menambah relasi dan pengalaman baru yang skalanya internasional.”

Universitas pertama yang dikunjungi oleh peserta ISM adalah Fakulti Ekonomi dan Muamalat Universiti Sains Islam Malaysia (FEM USIM)  yang merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Malaysia. FEM USIM mempunyai organisasi mahasiswa yang bernama Sekretariat Mahasiswa/i Fakulti Ekonomi dan Muamalat (SekreFEM). Organisasi mahasiswa ini mempunyai tugas untuk menghubungkan mahasiswa FEM USIM dengan bagian manajemen FEM dan bertanggung jawab dalam menganjurkan program pembangunan intelektual mahasiswa FEM USIM.

Adapun hasil tentang diskusi antara perwakilan lembaga-lembaga FE UII dan pihak SekreFEM diwujudkan dalam bentuk kolaborasi kegiatan kemahasiswaan. Kolaborasi ini bernama International Week yang mencakup berbagai bentuk kegiatan akademik dan non-akademik seperti workshop, kompetisi menulis laporan ilmiah, expo, aksi sosial dan lomba Muamalat Interactive Game (MIG). 

Disepakati oleh kedua belah pihak bahwa acara ini akan berlangsung selama dua kali yaitu pada bulan April 2020 yang dilaksanakan di Universitas Islam Indonesia, kemudian pada bulan Oktober 2020 yang dilaksanakan di Universiti Sains Islam Malaysia.

Selain itu FE UII juga bertandang menuju Faculty of Economics and Management, Univesiti Putra Malaysia (FEM UPM). Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik di Malaysia dibuktikan dengan penghargaan yang diraih yaitu Quacquarelli Symonds (QS) Top 50 Under 50 Rankings 2020. Organisasi mahasiswa yang dimiliki oleh FEM UPM adalah Faculty of Economics and Management Student Association (FEMSA UPM). 

Dalam kunjungan kali ini juga menghasilkan kegiatan kolaborasi antara pihak lembaga FE UII dan FEMSA UPM yang diperkirakan akan berlangsung antara bulan April 2020 atau Agustus 2020. (AFM)