,

Strategi Membangun Karier Mahasiswa melalui Platform Digital

Lulus dari bangku kuliah merupakan langkah awal dalam meniti karier. Oleh karena itu fase ini sangat penting untuk dipersiapkan sejak dini bagi para lulusan perguruan tinggi yang akan terjun ke dunia kerja. Berbagai cara ditempuh UII untuk meningkatkan lulusan terbaik dalam mengembangkan soft skill dan hard skill mahasiswanya. Salah satunya dengan mengadakan “Career & Business Week 2020” yang diselenggarakan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia di Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) UII. Acara yang berlangsung selama 2 hari ini, yaitu Rabu (26/2) dan Kamis (27/2) ini terdiri dari 4 rangkaian acara yaitu Career Talkshow, Career Orientation Training, Career Workshops dan Coffee Making Class di FBE UII.

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan mengembangkan karir dan pengenalan bisnis di bidang startup bagi mahasiswa FBE UII melalui platform digital. “Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengembangkan soft skill dan hard skill mahasiswa FBE UII dan menambah wawasan mengenai bisnis. Selain itu lebih ke bagaimana cara mengembangkan karir untuk mahasiswa setelah lulus atau untuk yang ingin membangun bisnis startup semenjak menjadi mahasiswa.” terang Rakha selaku koordinator acara.

Karenanya, ada 4 pembicara yang diundang untuk mendukung kesuksesan acara ini yaitu yaitu Nur Pratiwi Noviati sebagai Kepala UII Career Centre, Akbar Faisal sebagai founder Jogja Startup, Serial Technopreneur & Angel Investor, Amarria Dila Sari dan Monica Ayu Rahma Puspitasari & Monica Ayu Rahma Fatikasari, mahasiswa FBE UII yang juga sebagai penulis buku “LA MASCHERA : THE TWINS JOURNEY

Materi yang disampaikan beragam, Nur Pratiwi Noviati misalnya memaparkan mengenai strategi membangun karir mahasiswa melalui platform digital. Akbar Faisal menyampaikan materi mengenai strategi membangun karir bisnis yang diminati investor. Sementara pembicara Amarria Dila Sari menjelaskan mengenai sosialisasi program hibah pendanaan startup mahasiswa dan dosen. 

Disampaikan Nur Pratiwi bahwa penting bagi mahasiswa untuk mengetahui bayangan seperti apa ketika lulus nanti, karir atau bisnis apa yang dapat dimanfaatkan melalui platform digital yang sesuai dengan trend pada jamannya. Sementara pembicara Akbar Faisal lebih menjelaskan mengenai bisnis-bisnis startup dan karakteristik bisnis yang pantas untuk dijadikan investasi. 

Dapat dilihat selama acara berlangsung antusiasme yang tinggi dari para mahasiswa yang hadir terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kepada pembicara. Besar harapan dengan diadakannya acara ini mahasiswa dapat mempelajari dan memanfaatkan platform digital sebagai sarana untuk mengembangkan usaha dan karir di masa yang akan datang. (ASD)