,

Buka Jalan Bisnis dengan Kreativitas

Benturan pandemi Covid-19 yang mengancam sektor perekonomian di Indonesia mengharuskan seluruh lapisan masyarakat untuk mencari langkah tepat dalam menangani masalah finansial pada setiap individu. Dampak dari adanya Covid-19 ini juga mengharuskan sebagian orang untuk tetap tinggal dan bekerja dari rumah secara daring. Begitu pula dengan mahasiswa, yang harus merasakan pahitnya  menjalani segala kegiatan akademik maupun non akademik secara online.

Besarnya peluang mahasiswa untuk mulai mengembangkan sayapnya di dunia bisnis, mendorong Kemuslimahan Lembaga Dakwah Fakultas Jama’ah Al-Muqtashidin (LDF JAM) FBE UII untuk memberikan fasilitas berbagi ilmu di masa pandemi melalui webinar diskusi ekonomi bertajuk “Resep Sukses Memulai Bisnis Kreatif dengan Modal Terbatas”, Ahad (14/06).

Rosalia Febrianty, alumni FBE UII program studi Manajemen angkatan 2013, pemilik usaha @buketsnackjogja menjelaskan bahwa cara mudah memulai bisnis untuk kalangan mahasiswa dengan modal yang terbatas adalah dengan mengembangkan kreatifitas yang dimiliki tiap individu. “Saya memulai usaha buket snack ini dulu berawal dari keinginan untuk memberi hadiah sidang teman saya dengan bahan seadanya yang saya miliki saat itu,” jelas Rosalia.

Rosalia menegaskan bahwa yang harus ditanamkan dalam diri adalah jangan takut akan kegagalan. Tidak ada usaha yang berjalan mulus tanpa bumbu gagal di dunia bisnis. Adanya niat tanpa keberanian untuk gagal akan mudah mematahkan semangat saat nanti realita tidak seindah ekspektasi.

Berkat keberaniannya dalam berusaha serta kerja kerasnya, kini @buketsnackjogja sudah mempunyai tiga cabang. Ketiga cabangnya ini berlokasi di Yogyakarta. Rosalia sendiri ingin terus mengembangkan usahanya dan melebarkan sayapnya ke luar kota. Produk yang ia tawarkan pun semakin beragam. Tidak hanya buket snack, ia juga menawarkan buket bunga kering, buket bunga segar, bahkan buket balon. Karena semakin banyak pula pelanggannya, ia kini mempunyai banyak karyawan yang membantu pekerjaannya.

“Saya ingin mempekerjakan banyak orang, supaya pekerjaan saya berpahala. Semakin banyak yang bahagia dengan usaha kita, maka insyaallah pahala yang akan kita dapatkan banyak juga. Jadi, tidak sekedar mencari uang untuk hidup saja, tetapi juga memberikan manfaat untuk orang banyak,” pungkasnya.

Masa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat Rosalia untuk terus berusaha dan mencari peluang agar usahanya tetap bertahan. Menurutnya, selama ada kemauan, pasti akan ada jalan. Ia juga berpesan kepada peserta agar berani untuk mengekspresikan hasil karyanya, apapun itu. Coba untuk berani mengunggahnya di sosial media. Dengan berani berekspresi dan memaksimalkan kreatifitas, siapa tahu, bisa menjadi peluang usaha, bukan? (ULF/NFF)