,

Teknologi Berevolusi, Manusia Beradaptasi

Bicara tentang tren teknologi dan transformasi digital, pemanfaatan teknologi mencakup di segala aspek. Tidak hanya ekonomi, tetapi dapat dimanfaatkan oleh pemerintah, organisasi bisnis, ataupun komunitas dan masyarakat sosial. Pemahaman teknologi berguna untuk perkembangan masa depan. Tren teknologi saat ini berkembang dengan sangat pesat dalam kurun waktu kurang lebih  sepuluh tahun terakhir ini.

Keadaan inilah yang melatarbelakangi kegiatan Kajian Tematik oleh Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia yang bertema “Ekonomi Digital: Tonggak Perekonomian pada Era Revolusi Industri 4.0” (23/06). Pembahasan ini dibawakan oleh Sigit Pamungkas, S.E., M.Com. yang merupakan seorang dosen Prodi Akuntansi bidang IT (Information Technology) di Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII. “Diharapkan setelah kegiatan ini, saya bisa berbagi pandangan dan pendapat kepada teman-teman, sehingga bisa memperoleh manfaat dan wawasan baru dalam hal perkembangan teknologi,” tutur Sigit Pamungkas dalam perkenalannya.

Sebelum membahas ekonomi digital, perlu adanya pemahaman mengenai hal-hal yang menjadi pemantik dalam kehadiran ekonomi digital. Ada suatu hukum yang disebut dengan hukum Moore, yang ditemukan pada tahun 1960 yang membahas banyaknya transistor di dalam suatu sirkuit. Namun, pada pembahasan kali ini kita tidak akan membahas tentang banyaknya transistor, tetapi hukum Moore banyak digunakan dalam ulasan bisnis untuk memotret bagaimana kemajuan teknologi itu terjadi dengan begitu cepat. Jika kita lihat ke belakang selama lima puluh tahun ini, apa yang dikatakan dalam hukum Moore terbukti benar, karena saat ini, dalam satu perangkat teknologi di dalamnya terdapat banyak transistor. Hal tersebut menyebabkan komputasi pada sebuah perangkat semakin canggih.

Dengan adanya dua fenomena tersebut, maka dapat mendorong adanya kemajuan teknologi yang dapat memunculkan digitalisasi yaitu perubahan perangkat yang sebelumnya analog dan sekarang berubah menjadi digital. Sedangkan miniaturisasi perangkat artinya yaitu ukuran perangkat semakin kecil dan compact dan mudah dibawa seperti saat ini. 

Dengan adanya perkembangan teknologi yang tidak bisa kita abaikan dan tentunya karena teknologi semakin masif digunakan oleh individu tadi, maka akan membentuk kebiasaan dan ketergantungan kita terhadap teknologi. Sehingga, dalam berbagai kegiatan sosial maupun ekonomi, kita akan semakin bergantung dengan teknologi.

Selain itu, ada juga hal lain yang menyebabkan meningkatnya tren perkembangan teknologi yaitu meningkatnya konektivitas dan bandwidth seiring dengan kemajuan infrastruktur teknologi. Seperti saat ini, banyak kota-kota besar di Indonesia yang jaringannya telah mendukung 4G dan bahkan di beberapa negara besar sudah mendukung 5G. Maka inilah bentuk terjadinya peningkatan konektivitas saat ini. Akan tetapi, akan menjadi kendala ketika kesenjangan pengguna teknologi belum merata di seluruh wilayah Indonesia yang mana mengakibatkan semua perkembangan yang terjadi belum dapat dimaksimalkan. Walaupun begitu, Indonesia memiliki kesiapan sumber daya manusia usia produktif yang banyak dan dapat dijadikan peluang yang baik dalam menghadapi revolusi industri yang semakin bertumbuh. Jiwa milenial yang mampu mengeksplorasi pengetahuan baru dan menghasilkan banyak inovasi baru dinilai sebagai bagian dari langkah positif bagi digitalisasi ini.

“Kalau ekonomi itu bertumbuh baik di negara kita dan kita punya kesempatan untuk bisa mengakselerasi itu lebih cepat, kita tentu bisa menggunakan salah satu modal tambahan lewat zaman dan itu memberikan kekuatan serta peluang yang lebih besar dibandingkan dengan negara lain,” ujar Sigit Pamungkas S.E., M.Com di akhir materinya. (AA/AWF)