Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan salah satu mata kuliah terbaik yang dimiliki oleh Prodi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII). Banyak perolehan prestasi yang diukir oleh mahasiswa Prodi Akuntansi FBE UII, baik dalam taraf nasional maupun internasional. Pada akhir pekan ini, Sabtu (27/06), ERP Competence Center dari Prodi Akuntansi FBE UII menggelar Final Game 3 Kompetisi Internal MonsoonSIM Enterprise Resource Management Competition (MERMC) 2020 secara daring yang diikuti mahasiswa Prodi Akuntansi dan Prodi Manajemen FBE UII. MonsoonSIM merupakan sebuah permainan simulasi bisnis berbasis web yang terdiri dari sepuluh tim dengan menggunakan konsep ERP, di mana setiap tim akan bersaing untuk mengelola perusahaannya masing-masing.

Kompetisi Internal ini bertujuan untuk menentukan dua tim yang akan mewakili Universitas Islam Indonesia dalam  berkompetisi di tingkat nasional pada bulan September 2020 nanti. Sebelumnya, kompetisi ini diikuti oleh tiga puluh tim pada pada babak penyisihan dan tersisa sepuluh tim pada babak Final Game 3 MonsoonSIM. Pada babak final, kompetisi dilaksanakan dengan tiga tahap di mana nilai dari ketiga game tersebut akan diakumulasikan sebagai nilai akhir untuk penentuan pemenang Kompetisi Internal MERMC 2020. Peraturan yang ditetapkan sama persis seperti ajang di tingkat nasional dan internasional guna membiasakan peserta untuk terbiasa dengan peraturan tersebut dan tidak melakukan kesalahan yang sama.

Hasil dari babak Final game 3 MonsoonSIM UII 2020 ini dimenangkan oleh tim Arsanta Widyadharma sebagai juara pertama dengan perolehan skor akhir 26, beranggotakan Muhammad Faiq Jauhar, Adin Ihtisyamuddin, Akhlis Faris Mushaffa, Ainun Jariyah, dan Sukma Putri Yulia. Kemudian juara kedua diraih oleh tim Frye dengan total skor akhir 25, beranggotakan Afiq Kamal Rizki, Imam Nur Fadilah, Rani Adilah K., Asaquita Sophie Premarci, dan Rafif Aldo Nugroho. Terakhir adalah tim Sangkuriang sebagai juara ketiga dengan perolehan skor akhir 23, beranggotakan Valdo Maggri A., Imerina Zuhara, Rizky Budi Tyaswarman, Agnes Aura A., dan Farhan Kamil. Maka, tim Arsanta Widyadharma dan Frye akan mewakili UII pada MERMC tingkat nasional pada bulan September 2020.

Ketua Prodi Akuntansi FBE UII, Dr. Mahmudi,SE., M.Si., Ak. yang turut menghadiri acara ini berharap agar tim yang menjadi perwakilan UII dalam MERMC tingkat nasional dapat meraih juara. “Semoga tradisi juara pada kompetisi Monsoon dapat diraih kembali oleh UII. Prodi Akuntansi akan mendukung semua kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari mahasiswa dan alumni UII,” ungkapnya. (AFM/ARA)