Beberapa waktu kebelakang, bisnis digital menjadi minat yang berkembang dan terus merambah di kalangan anak muda. Adanya platform dan media sosial menjadi pendukung bagi anak muda masa kini untuk memulai bisnis dengan satu genggam dimanapun kita berada. Namun, era digital menjadi problematika tersendiri bagi pengusaha muda untuk merintis bisnis. Penyesuaian diri tentu dibutuhkan di masa ini guna memahami bagaimana strategi yang harus dilakukan. Menanggapi hal tersebut, Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia mengadakan webinar dengan tema “Digital Business Transformation For Young Entrepreneur #02yang dilaksanakan pada Rabu, 29 Juli 2020. Pelaksanaan kegiatan secara daring tersebut tidak menghambat antusiasme peserta dengan materi yang dibawakan oleh alumni Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia yang telah merambah di dunia digital yaitu Rosa Akhirunnisa selaku pemilik dari Shiny Sunday dan founder Acuan Kreatif serta Lukman Abdhi Putra Novianto selaku owner Tyo.shoesandcare.

Rosa Akhirunnisa, menyatakan bahwa banyak sekali hal yang tidak dilihat secara kasat mata yang dilalui oleh seorang entreprenueur saat memulai bisnisnya seperti hutang, waktu lembur, hingga kehilangan waktu untuk bermain bersama rekan sejawat. Namun, jika kita berpikir lebih jauh lagi hal tersebut merupakan proses dari transformasi diri dalam hal investasi waktu untuk masa depan. Proses tersebut merupakan investasi terbaik di masa muda dengan mengelola waktu untuk mendapatkan kesuksesan yang lebih cepat.

Beliau menyampaikan bahwa hidup memang sesuai dengan istilah jawa yaitu Wang Sinawangyang artinya rumput tetangga memang kerap terlihat lebih hijau. Namun, kita pun perlu melihat bagaimana prosesnya rumput hijau tersebut tumbuh. “Jadilah orang yang tidak iri dengan hasil kebahagian orang lain, namun harus memaksimalkan apa yang kita punya karena dalam Islam pun telah diajarkan bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang lebih baik dari hari kemarin,” ujar Rosa Akhirunnisa.

Lain halnya dengan Rosa Akhirunnisa yang sudah menjadi alumni Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia, Lukman Abdhi Putra Novianto selaku owner Tyo.shoesandcare ini masih menjadi mahasiswa aktif Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia angkatan 2017. Beliau membagikan tips dan cara bagaimana kita merintis bisnis dengan modal yang kecil namun tetap menghasilkan keuntungan, salah satunya adalah membuka bisnis shoes and care seperti yang dilakukan beliau.

Usaha tersebut sudah dilakukan sejak januari 2017 hingga sekarang total memiliki empat store di Yogyakarta dan juga Tangerang. “Kok bisa sih anak SMA atau mahasiswa merintis sebuah bisnis? Ya jelas bisa dong, dalam membuka bisnis kita tidak perlu melihat berapa umur kita. Karena dimana ada kemauan disitu ada jalan,” ucap pria asal Yogyakarta tersebut. (AA/LZ)