Dalam rangka memperkenalkan mahasiswa baru dengan situasi kampus, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia mengadakan Semata (Semangat Ta’aruf) 2020 di hari ke-2, Rabu (23/9). Meskipun kegiatan dilaksanakan secara daring, Semata 2020 tetap berlangsung meriah dengan menghadirkan Grup Keroncong Lilik feat. Shaggy Dog.

Kegiatan dibuka oleh Ulfah Windria dan Lazauardi dengan gaya bicaranya yang santai sembari bercerita mengenai kehidupan kampus yang biasanya terjadi dalam situasi normal. Dilanjutkan dengan perkenalan lembaga kemahasiswaan yang telah disediakan oleh fakultas agar para mahasiswa dapat bersosialisasi dan mencari pengalaman. “Adik-adik yang ingin menyibukkan diri di sela-sela waktu kuliah tidak perlu bingung dan khawatir karena di FBE UII ini terdapat banyak lembaga dan kegiatan. Beberapa diantaranya yaitu ada DPM, LEM, KOPMA, HMJA, HMJM, HMJIE, EC, dan IESC,” ungkap Lazauardi.

Dimulai dari penjelasan mengenai DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) yang diwakili oleh Desri Asnita Nasution. “DPM merupakan lembaga tertinggi yang anggotanya terdiri dari perwakilan mahasiswa FBE UII. Salah satu fungsi lembaga DPM ini yaitu menampung aspirasi mahasiswa,” jelasnya.

Kemudian disusul dengan penjelasan mengenai LEM (Lembaga Eksekutif Mahasiswa), HMJIE (Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi), KSPM (Kelompok Studi Pasar Modal), LDF JAM (Lembaga Dakwah Fakultas Jamaah Al Muqtashidin), MC (Management Community), IESC (Islamic Economics Study Club), dan KOPMA (Koperasi Mahasiswa). Selain itu, FBE UII juga memiliki Lembaga Pers Mahasiswa atau biasa disebut dengan LPM Ekonomika. “LPM Ekonomika berpegang pada tiga prinsip. Pertama, riset yang mendalam. Kedua, telaah teoritis. Ketiga, verifikasi. Dengan struktur kelembagaan yang terintegrasi, LPM Ekonomika memiliki SDM (Sumber Daya Manusia) yang aktif dan kolektif guna mengembangkan budaya organisasi yang cair dan egaliter,” tutur Ikrar Arum selaku Pemimpin Redaksi LPM Ekonomika. 

FBE UII juga tidak hanya memfasilitasi mahasiswa dengan segudang lembaga ataupun organisasi, melainkan juga memfasilitasi mahasiswa dengan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) bidang olahraga dan juga musik. Beberapa diantaranya yakni UKM Badminton, UKM Musik, UKM Basket, dan UKM Taekwondo Kyorugi.

Acara Semata di hari ke-2 yang banyak membahas mengenai organisasi ataupun UKM yang ada di FBE UII ini juga sekaligus menutup kegiatan orientasi mahasiswa. “Tanggal 28 September kita sudah memulai perkuliahan lagi. Namun, karena kondisi seperti ini, maka masih harus dilakukan secara daring. Kita sangat berharap semua bisa bertemu dan dapat menjadi keluarga besar FBE UII yang merupakan kampus islami dan kampus perjuangan. Kita mendidik anda untuk menjadi pionir bangsa dan cendekiawan muslim. Mari kita tingkatkan semangat dan tekad. Terus belajar dan semoga Allah SWT meridhoi kita semua,” ujar Jaka Sriyana, SE., M.Si., Ph.D. dalam Closing Ceremony Semata 2020. (ARA/AMA)