Sejumlah keputusan tentang pembelajaran new normal atau kebiasaan baru dari Kemendikbud tahun ajaran 2020/2021 mengakibatkan banyaknya perubahan yang menghasilkan banyak inovasi dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah inovasi mengenai gaya penyelenggaraan kegiatan pengenalan kampus atau yang biasa disebut dengan Masa Orientasi. Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia adalah salah satu fakultas yang menyelenggarakan rangkaian Orientasi Mahasiswa melalui daring dengan memanfaatkan kanal youtube

FBE UII MENYAPA merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian acara Orientasi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021 yang menghadirkan Pimpinan Fakultas dan Pengelola Program Studi untuk lebih dekat dalam memberikan informasi tentang kefakultasan dan proses akademik kepada para orang tua dan para mahasiswa baru yang tersedia di kanal youtube FBE UII (24/9). FBE UII MENYAPA membahas mengenai empat informasi utama yaitu akademik, Program Studi Manajemen Program Sarjana, Program Studi Akuntansi Program Sarjana, dan Program Studi Ekonomi Pembangunan Program Sarjana. 

Prof. Dr. Jaka Sriyana, M.Si selaku Dekan FBE UII menjelaskan mengenai akreditasi dari sepuluh program studi yang ada di FBE UII, beliau mengatakan bahwa sembilan dari sepuluh program studi tersebut telah terakreditasi A dan hanya program diploma yang sedang diusahakan dalam proses akreditasi. Pada sesi ini, diuraikan pula fasilitas dan kegiatan pembelajaran keagamaan yang dipaparkan oleh wakil dekan.

Pada saat penyampaian informasi mengenai Program Studi Manajemen, Anjar Priyono, SE., M.Si., Ph.D. selaku Ketua Program Studi Manajemen Program Sarjana mengatakan bahwa terdapat keunikan pada prodi manajemen yang terletak pada nilai-nilai keislaman yang senantiasa di terapkan pada saat pembelajaran di kampus. “Ditempat kita itu memiliki nilai-nilai keislaman yang begitu kuat, sehingga pada waktu saudara nanti akan lulus dari prodi manajemen, itu akan memiliki karakter-karakter yang mature (dewasa), professional (profesional), wisdom (bijaksana), dan juga humble (sederhana) dan ini terbawa pada saat saudara nanti akan memasuki ke dunia kerja,” tukas beliau. 

Selanjutnya, Studium Generale yang dipandu oleh Aditya Pandu Wicaksono S.E., Ak., M.Ak. mengenai penjelasan Program Studi Akuntansi. Diawali dengan sambutan oleh Dr. Mahmudi, S.E., M,Si selaku Ketua Program Studi Akuntansi, beliau mengatakan bahwa Prodi Akuntansi memiliki keunggulan-keunggulan seperti mendapat rekognisi internasional dan kurikulum prodi akuntansi sudah terverifikasi ACCA. Dengan tercapainya kurikulum ini, maka akan memudahkan mahasiswa Prodi Akuntansi FBE UII memperoleh sertifikasi profesi internasional. 

Dr. Sahabudin Sidiq, MA. Selaku Ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan mengatakan bahwa Prodi Ekonomi pembangunan sudah tersertifikasi Association of Southeast Asian National (ASEAN) University Network-Quality Assurance (AUN-QA) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas standar universitas di tingkat ASEAN. Beliau memaparkan visi Prodi Ekonomi Pembangunan memiliki komitmen untuk kesempurnaan risalah dan islamiah. (LIN/DH)