,

Mengoptimalkan Sebuah Bisnis dengan ‘Digital Marketing’

Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) kembali mengadakan kegiatan tahunan, Business Festival for Z Generation (Bizfez) pada Senin (19/10). Bersamaan dengan situasi pandemi saat ini, Biztalk (Business Talk) mengambil tema “Peluang Bisnis dan Digital Marketing di Masa pandemi” yang diisi oleh dua narasumber yakni Nurtaqi Irzalia sebagai Brand Director of Looke, AVO Innovation & Technology dan Julian Roelivan, seorang Instagram Strategist Social Media Marketer.

“Acara ini rutin diselenggarakan setiap tahunnya yang bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang bisnis dan ekonomi dengan harapan kedepannya mahasiswa bisa memberi inspirasi dan inovasi bisnis yang bermanfaat bagi mahasiswa lainnya,” ucap Siti Nursyamsiyah, Dra., MM. dalam sambutannya. 

Melihat situasi yang ada, Bizfez berhasil mengangkat tema yang menarik mengenai urgensi digital marketing. “Di masa pandemi seperti saat ini, digital marketing sangat dibutuhkan. Biztalk kali ini membahas mengenai strategi agar digital marketing dapat dijalankan dengan maksimal,” tutur Reza Febriansyah selaku panitia Bizfez 2020.

Model pemasaran konvensional saat ini telah bergeser menjadi pemasaran digital. Dengan digital marketing, seorang pebisnis dapat memanfaatkan berbagai macam media sosial yang ada untuk dapat lebih dekat dengan konsumen. “Ada empat tujuan digital marketing yaitu untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan target traffic, meningkatkan sales, serta meningkatkan brand awareness,” ujar Julian dalam pembahasannya.

Dalam digital marketing, diperlukan juga pemahaman terhadap customer, yang dengan demikian pebisnis dapat lebih mudah memengaruhi audiens untuk menjadi customer. Pemahaman terhadap customer bisa dimulai dari pengelompokkan berdasarkan demografi ataupun psikografi. Setelah itu, seorang pebisnis dapat menarik customer melalui sosial media yang tersedia seperti konten instagram ataupun website yang telah dioptimasi menggunakan Search Engine Optimization (SEO). 

Melengkapi penjelasan Julian mengenai digital marketing, Nurtaqi membuka pembicaraannya dengan menyampaikan pandangannya terkait seorang entrepreneur, “Seorang entrepreneur seharusnya dapat menciptakan ide dari sebuah pemikiran dan dapat dengan cepat mengeksekusi setiap peluang yang ada untuk dituangkan dalam bisnisnya”. Menurutnya, terdapat pula faktor utama yang memengaruhi pengambilan keputusan individu, yaitu faktor internal.

“Faktor internal berkaitan dengan mindset. Seorang entrepreneur harus memiliki mindset positif karena hal tersebut akan berpengaruh pada hasilnya. Selain itu, seorang pengusaha juga harus dapat berpikir cepat untuk memutuskan bagaimana tindakan yang harus dilakukan selanjutnya, sehingga dapat menghasilkan pola pikir yang efektif dan transformatif,” lanjutnya.

“Untuk adik-adik yang tertarik atau telah berkecimpung dalam dunia bisnis, jangan lelah untuk terus mengikuti update-an berita terkait dengan bisnis yang diminati dan jangan lelah untuk terus belajar,” tutupnya sembari memberi nasihat bagi mahasiswa FBE UII. (NAP/AMA)