,

Mengenal Lebih Dalam ERP, Terobosan Perusahaan Masa Kini

Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) kembali menghadirkan serial webinar dengan mengangkat tema mengenai “Enterprise Resource Planning (ERP)” yang diselenggarakan selama tiga hari, yakni pada Jumat (23/10), Sabtu (24/10), dan Sabtu (31/10) secara daring. Webinar di hari pertama diisi oleh dua pemateri yaitu Fitriati Akmila, S.E., M.Com(Adv) dan Primanita Setyono, Dra., MBA., Ak., CA., Cert.SAP. dengan judul materi “Introduction to ERP” dan “SAP ERP and ERPsim”.

Memulai pembicaraannya, Fitriani Akmila mengungkapkan terkait dengan bagaimana ERP mengimplementasikan kegiatan bisnis dalam teknologi digital yang ternyata bukanlah merupakan hal baru dan memang telah dibangun sejak lama, “A simple introduction, ERP system is a combination of advanced technologies and best business practices. As you know in the current situation, technology is around us. So, ERP for business is not something new actually”. Dari penjelasan tersebut, Fitriani juga menambahkan bahwa ERP merupakan salah satu terobosan yang sedang hangat-hangatnya di sebagian perusahaan besar saat ini.

Sedangkan pada hari kedua, acara diselenggarakan melalui aplikasi Zoom yang dibersamai oleh beberapa pembicara, yakni Noor Endah Cahyawati, S.E, M.Si., Maulidyati Aisyah, S.E., M.Com(Adv), dan Primanita Setyono, Dra., MBA., Ak., CA., Cert.SAP.

Pada sesi ini, para pembicara menjelaskan tentang proses dari SAP yang kemudian dilampirkan juga dengan praktik dari masing-masing proses. Primanita menjelaskan terkait dengan proses SAP ERP pada bagian Sales & Distribution. Sementara Maulidyati menjelaskan proses SAP ERP bagian Material Management. Diharapkan semua materi yang telah disampaikan oleh para pembicara dapat berguna bagi audiens. 

Pada hari ketiga yang mana merupakan penutupan pelaksanaan serial webinar ERP dengan tema “The Future of ERP Profession from Academics and Industry Perspectives”, menghadirkan tiga pembicara diantaranya Dr. Hawa Ahmad dari Department of Accounting IIUM (International Islamic University of Malaysia), Namida Valoni Octavia, dan Ilham Sukmawan.

“We hope that this program will provide you knowledge and skill especially in technological aspect in Enterprise resource planning, because in this era, industrial revolution 4.0, you should develop literacy concerning the technological literacy and also other literacy that will contribute to our expertise in the future and I think ERP is important for you,” ucap Dr. Mahmudi, SE., M.Si., Ak., CA., CMA. Ketua program studi Akuntansi Program Sarjana seraya mengharap webinar ERP ini dapat berguna dalam mengembangkan keahlian di bidang teknologi demi menghadapi revolusi industri 4.0. (ARA/DSN)