Penghujung tahun 2020 menjadi saksi sejarah lahirnya majalah elektronik Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) yaitu UII Business & Economic Insights. Peluncuran UII Business & Economic Insights dengan judul Pandemi dan Krisis Ekonomi ini berlaku mulai 15 Desember 2020. Peluncuran majalah elektronik tersebut sudah direncanakan sejak beberapa waktu yang lalu. Berawal dari ide ingin membuat sesuatu forum yang terbatas namun bisa dipublikasikan secara luas, sampai akhirnya menemukan majalah elektronik tersebut sebagai medianya.

Acara ini dihadiri Drs. Suwarsono Muhammad, M.A. selaku Ketua Umum Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII, Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D. selaku Rektor UII, Dekan, para Wakil Dekan, para Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, para dosen, tenaga kependidikan, dan pengurus lembaga kemahasiswaan FBE UII. Selain itu, hadir pula perwakilan dari beberapa alumni Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) yang semakin memeriahkan acara peresmian UII Business & Economic Insight.

Dekan FBE UII, Jaka Sriyana, SE., M. Si., Ph. D. menyampaikan bahwa ide pembuatan majalah elektronik ini sudah muncul sejak beberapa tahun terakhir. “Tugas kita yang pertama adalah bagaimana majalah kita dapat diterima secara eksponensial oleh pembaca, dan tentu kita harus mengolah dan menyajikan isi majalah ini secara tepat terhadap target pembaca,” terang Jaka.

Pada kegiatan ini juga ada pemaparan dari beberapa kontributor UII Business & Economic Insight yang menjelaskan gambaran serta membedah artikel yang sudah ditulis yaitu Drs. Suwarsono Muhammad, M.A dan Adib Zaidani Abdurrochman selaku Diplomat Indonesia di Komite 5 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Permanent Mission of the Republic of Indonesia to the United Nations yang juga Alumni FBE UII tahun 2002.

Menurut Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D., hal penting dan perlu diperhatikan yaitu gaya bahasa yang menarik dan mudah dipahami serta isi yang terperinci, menginspirasi, dan lestari. “Gaya bahasa yang sedikit jenaka agar menarik dan mudah dipahami, dengan harapan dapat dibaca bukan hanya mahasiswa saja, tetapi pelaku usaha, industri, dan bisnis lainnya,” jelas Fathul Wahid. Majalah elektronik UII Business & Economic Insights saat ini juga sudah bisa dibaca dan diunduh pada fbe.uii.ac.id/be-insights. (AA/AAM)