Era pandemi Covid-19 yang tak berujung semakin menjadikan banyak golongan masyarakat terdampak. Akibat dari pandemi mempengaruhi masyarakat secara ekonomi, sosial, dan budaya. Allah SWT menciptakan manusia yang beragam untuk dapat membantu dan bermanfaat bagi manusia lain. “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni). Pengabdian sosial kepada masyarakat merupakan salah satu tindakan untuk membantu golongan masyarakat yang terdampak pandemi sekarang ini. Bantuan secara sosial untuk meringankan beban manusia lain merupakan tindakan yang mulia. Pengabdian masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan positif. Dengan melakukan kegiatan positif, diharapkan pengabdian masyarakat menjadi awal proses menyambung tali silaturahmi dan menambah jumlah saudara. Mahasiswa memiliki peran penting dalam kehidupan sosial bermasyarakat, penting untuk dapat bersosialisasi secara aktif dengan harapan mengetahui lebih mendalam tentang kebutuhan sebenarnya dari masyarakat.

Umumnya, pengabdian masyarakat menjadi program yang dirancang oleh universitas untuk dapat memberikan dampak dan kontribusi positif secara nyata bagi masyarakat bangsa Indonesia. Universitas tidak hanya sebagai sarana pembelajaran, tetapi dapat mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat. Sebagai bagian dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengabdian menjadi tanggung jawab yang perlu dilaksanakan secara efektif. “Terdapat 4 kegiatan penting bagi Universitas Islam Indonesia, pertama adalah kegiatan pendidikan dan pengajaran, yang kedua kegiatan penelitian, ketiga pengabdian masyarakat, dan terakhir dakwah islamiah,” ujar Dwipraptono Agus Hardjito, Dr., M.Si.

Selasa, 22 Desember 2020, Program Studi Magister dan Doktor (PMD) Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE UII) menggelar kegiatan pengabdian sosial kepada masyarakat. Program studi meliputi Program Doktor Ilmu Ekonomi, Magister Akuntansi, Magister Ekonomi dan Keuangan, dan Magister Manajemen. Selain pendidikan dan perkuliahan, kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu program rutin yang diselenggarakan.  Kegiatan pengabdian sosial masyarakat berlokasi di Desa Sendangarum, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dengan koordinator oleh Umi Sulistiyanti, SE., M.Acc, Ak. selaku dosen Program Akuntansi. Meskipun pandemi masih berlangsung, ini tidak menjadi penghambat dalam melakukan pengabdian terhadap masyarakat. Program Studi Magister dan Doktor berupaya agar kegiatan dapat terbangun secara optimal dan tetap melakukan pembatasan kerumunan dan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Dwipraptono Agus Hardjito, Dr., M.Si. selaku dosen Program Manajemen memaparkan bahwa selain melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, kegiatan ini juga tentu melakukan dakwah islami, tujuan utama kegiatan ini adalah bersilaturahmi yang merupakan ibadah yang sangat mulia, mudah dan membawa berkah. Hasil yang diharapkan dengan adanya pengabdian kepada masyarakat dapat memupuk sebuah kecintaan terhadap sesama manusia. Tentu dikala pandemi seperti sekarang ini, peran gotong royong sangat diperlukan. Salah satu ciri khas yang melekat pada masyarakat Indonesia dan tidak dapat dihilangkan yaitu semangat gotong royong dalam membantu sesama. (KYK/AAP)