Tim mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) Program Studi Akuntansi berhasil meraih juara 1 di tingkat internasional dalam kompetisi MonsoonSIM Enterprise Resource Management Competition (MERMC) 2020. MERMC merupakan kompetisi berenergi tinggi yang melibatkan mahasiswa dan dosen dengan tujuan memperkenalkan konsep Enterprise Resource Management (ERM) kepada mahasiswa melalui permainan simulasi yang menyenangkan dan menarik. Mahasiswa dalam tim yang terdiri dari 5 pemain akan diminta untuk menjalankan perusahaan virtual untuk bersaing satu sama lain untuk mencapai target Key Performance Indicator tertinggi yang ditetapkan dan memenangkan persaingan.

Kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa perwakilan berbagai negara lain seperti Amerika Serikat, Australia, Hongkong, Malaysia, Singapura, Filipina, Taiwan, dan Thailand dengan total tim adalah 51 tim. Indonesia mengirimkan 7 tim perwakilan dan dua di antaranya adalah dari FBE UII. FBE UII mengirimkan 2 tim perwakilan dalam ajang kompetisi ini yaitu tim Intisar Sanatama yang beranggotakan Akhlis Faris Mushaffa, M. Faiq Jauhar, Ainun Jariyah, Sukma Putri, dan Adin Ihtisyamuddin. Kemudian tim Jakal Atas yang beranggotakan Afiq Kamal Rizki, Imam Nur Fadilah, Rani Adilah K., Asaquita Sophie Premarci, dan Rafif Aldo Nugroho.

Format kompetisi dibuat dengan konsep League Match dan dibagi menjadi dua babak yaitu satu kali babak penyisihan dan dua kali babak final. Pada babak Penyisihan 51 tim dibagi menjadi ke dalam 5 grup, lalu 2 tim terbaik di setiap grup dapat lolos ke babak final. Babak final tersisa 10 tim terbaik diantaranya dari Indonesia yaitu Intisar Sanatama, NoDown, Plecy, dan Gammara, kemudian dari Singapura yaitu BioHaZarD, dan terakhir dari Malaysia yaitu Justneko, Shark, SUPERPANDA, MP5, dan NOYB. Kesepuluh tim bersaing dengan ketat untuk memenangkan kompetisi ini.

Babak final pada kompetisi MERMC 2020 ini akhirnya dimenangkan oleh Intisar Sanatama dari Universitas Islam Indonesia dengan raihan poin 89,05, pada posisi kedua adalah BioHaZarD dari Singapore University of Social Sciences dengan raihan poin 84,58, dan posisi ketiga adalah Justneko dari Universiti Sains Malaysia dengan raihan poin 68,03.

Hasil final tersebut menjadikan UII sebagai perwakilan Indonesia yang pertama kali meraih juara pertama dalam ajang kompetisi MonsoonSIM Enterprise Resource Planning. Hadiah untuk pemenang pada MERMC 2020 ini berupa uang tunai sebesar 1500 SGD. Muhammad Fadhly Rizky Octavio selaku pembimbing dan pelatih dari tim Intisar Sanatama mengungkapkan bahwa kerja keras tim selama ini terbayarkan dengan kemenangan yang indah.

Direktur ERP Competence Center Prodi Akuntansi FE UII, Dra. Isti Rahayu, M.Si., Ak., CA., Cert.SAP menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim Intisar Sanatama atas prestasi yang telah diraih, “Saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas perjuangan tim Intisar Sanatama yang telah berprestasi di tingkat internasional. Semoga UII di tahun berikutnya tetap dapat meraih prestasi kembali.” (AFM)