,

Kurikulum Baru, Akuntansi Turut Muncul dengan Wajah Baru

Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) menyelenggarakan acara “Sosialisasi Kurikulum Baru 2021 Program Studi Sarjana Akuntansi (Reguler)”. Sosialisasi yang diadakan pada Sabtu, 03 Juli 2021 ini dilakukan melalui zoom dan diikuti oleh mahasiswa Prodi Sarjana Akuntansi dari seluruh angkatan. Program Studi Akuntansi telah menuntaskan penyusunan kurikulum baru yaitu kurikulum 2021 yang dilaksanakan melalui berbagai tahap, diantaranya adalah melakukan berbagai penjaringan aspirasi dari berbagai stakeholders termasuk diantaranya adalah dari industri, user, alumni, organisasi profesi dan juga para akademisi dari berbagai universitas. 

Ketua Program Studi Sarjana Akuntansi FBE UII, Dr.Mahmudi M.Si.,CMA, mengatakan “Mulai semester ganjil tahun 2021 ini, tepatnya di bulan September mendatang, Program Studi Sarjana Akuntansi FBE UII akan mencoba untuk memulai menerapkan kurikulum baru 2021”. Sebagaimana diamanatkan oleh peraturan Kemendikbud-Ristek dan Rektor bahwa kurikulum harus dievaluasi  setiap minimal 5 tahun. Tambahnya, beliau menuturkan, “Ini memang saatnya kita untuk update dan upgrade kurikulum Prodi Akuntansi”. Beliau juga memaparkan bahwa penerapan kurikulum ini nantinya tidak akan memberikan pengaruh yang besar terhadap IPK mahasiswa. Perubahan ini dikatakan tidak terlalu signifikan. 

Sekretaris Program Studi Sarjana Akuntansi FBE UII, Rifqi Muhammad SE. M.Sc. PhD, sebagai pembicara turut menyampaikan “Sejalan dengan tujuan Prodi Akuntansi yang menghasilkan lulusan berkompetensi fungsional, personal dan berperspektif bisnis global, maka struktur kurikulum 2021 ini dirumuskan dalam tiga jalur yaitu jalur reguler, magang dan kewirausahaan”. Ketentuan tersebut hanya berlaku bagi mahasiswa angkatan 2018 dan seterusnya; angkatan 2017 dan sebelumnya tetap harus menyelesaikan skripsi sebagai tugas akhir. Pengambilan jalur magang pada semester ganjil wajib mengambil program magang saat masa key-in berlangsung dan diikuti dengan beberapa mata kuliah yang wajib dilaksanakan selama semester ganjil, begitu pula dengan jalur kewirausahaan. Bagi mahasiswa yang ingin mengambil jalur magang ataupun wirausaha wajib mengajukan usulan program pada tanggal 1-15 Agustus 2021. 

Dalam kurikulum baru ini, Prodi Akuntansi FBE UII menggantikan mata kuliah ujian komprehensif dengan pendalaman kompetensi akuntansi, yang statusnya harus diikuti oleh seluruh mahasiswa baik jalur reguler, magang ataupun kewirausahaan. Perbedaan pengambilan mata kuliah tiga jalur tersebut adalah saat masuk semester tujuh dan delapan. Beberapa mata kuliah yang jumlah SKS-nya berubah akan dikonversikan dengan ketentuan yang dapat didiskusikan dengan masing-masing dosen pembimbing akademik (DPA). (AD/ULF)