,

Workshop Digital Marketing: Strategi Membuat Iklan Atraktif dan Efektif Mendatangkan Pelanggan

Revolusi industri 4.0 menyebabkan persaingan menjadi semakin ketat di antara pebisnis satu dengan lainnya di era serba teknologi ini. Para pemilik bisnis perlu paham bahwa strategi berperan penting dalam penentuan konten iklan digital untuk keberhasilan mendatangkan pelanggan. Itu sebabnya, penting menentukan strategi yang sesuai dengan pemasaran produk yang akan ditawarkan.

“Dalam kondisi yang serba digital ini, penguasaan teknologi digital sangat diperlukan, terutama dalam sektor pemasaran bisnis. Karenanya, melalui workshop digital marketing ini diharapkan dapat menjadikan mahasiswa lebih knowledgeable dan memahami strategi periklanan dengan konsep pemasaran digital”, ujar Anjar Priyono SE., M.Si., Ph.D dalam sambutannya mengawali acara Workshop Digital Marketing bertajuk “Strategi Membuat Iklan yang Mendatangkan Banyak Pelanggan” pada Senin (5/7). 

Tren pemasaran digital meningkat seiring dengan kemajuan teknologi. Dengan maraknya tren pemasaran digital berdampak terhadap meningkatnya kebutuhan terkait konten yang edukatif, atraktif, dan efektif untuk mendatangkan pelanggan. Kualitas konten nantinya akan berperan signifikan dalam strategi pemasaran. Konten yang digunakan bisa sangat bervariatif.

“Terdapat dua mazhab pada dunia per kontenan secara online: Pertama, secara gratis (organik), yang kedua berbayar. Kedua pilihan ini tidak ada salahnya, sesuai dengan kondisi pebisnis. Banyak pula platform yang bisa digunakan untuk pemasaran ini,” jelas Soryadin Laoddang selaku narasumber pada workshop kali ini. 

Berbagai macam sosial media yang bisa digunakan saat ini sangat variatif seperti instagram, Tiktok, hingga story whatsapp. Adanya berbagai macam media akan memudahkan pebisnis dalam menjalankan marketing. Kemudahan ini bisa dikembangkan oleh pebisnis untuk memaksimalkan marketing suatu produk kepada calon pelanggan.

“Perlu adanya perencanaan dan manajemen konten agar timbul optimalisasi saat materi akan diterbitkan. Fenomena yang sering terjadi ketika kebingungan melanda pelaku usaha yang sudah mempunyai media digital untuk pemasarannya, tetapi bingung terkait konten apa yang harus dipublikasikan. Hal seperti ini dapat diminimalisasi dengan melakukan perencanaan konten yang terstruktur,” imbuh Soryadin Laoddang.

Kejenuhan pada konten yang monoton dapat diselingi dengan kampanye hiburan yang bisa menggaet pelanggan untuk datang. Salah satu konten hiburan yang dilakukan oleh Soryadin Laoddang dengan membuat materi yang berisikan meme hingga caption clickbait yang sedang hype di masyarakat saat ini. Penargetan pada konsumen pun juga harus diatur ketika pebisnis akan menerbitkan suatu kampanye. Segmentasi ini bertujuan agar materi yang akan kita post bisa tepat sasaran dan sesuai dengan apa yang konsumen butuhkan. (AFA/DWI)