Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) menyelenggarakan  International Student Mobility dengan tema International Business Sustainability Initiative (IBSI) melalui media zoom. Acara ini merupakan kerjasama antara Universitas Islam Indonesia dengan Mapua University dari Filipina. (07/07)

Dilaksanakan secara virtual, event collaboration ini mengusung topik The Implication for Business Practice to Attain Sustainable Development. Sesi pertama diawali  dengan presentasi Paper Competition. Sekretaris Program Studi Ekonomi Pembangunan Program Internasional FBE UII, Abdul Hakim SE., M.Ec., Ph.D. dan juga Jose Paolo Y Mack, DBA, REB dari Filipina telah ditunjuk sebagai juri Call for Paper Competition. Dalam kategori ini, 5 kelompok dari terbaik telah lolos babak “Desk Review” dan berkesempatan lanjut ke babak selanjutnya untuk mempresentasikan paper mereka kepada juri dan audience lainnya.  

Lima tim tersebut merupakan kolaborasi antara mahasiswa FBE UII dan juga Mapua University. Tim 7 yang beranggotakan Retno Puspito Sari dan Rifa Husniyah mengusung tema “Slow Fashion: An Alternative Tool to Build Fashion Sustainability” akhirnya keluar menjadi peringkat pertama. Tim 3 yang terdiri dari Ayu Dyah Chaerani, Amelia Rahmita Johar, dan Chrysta Mae F. Amplayo dengan tema paper Digitization for the Recovery and Development of SMEs Post Pandemic” mampu meraih peringkat kedua. Serta, tim 4 dengan anggota Rachma Nur Anggita, Dindalika Rajiyah Ariestani, dan Muhammad Khalifah Al Hakim yang mengangkat tema “The Analysis of How ESG Maintains Sustainable Development in Financial Crisis during Covid-19” berhasil mendapatkan peringkat ketiga dalam kategori Paper Competition.

Pada sesi kedua Sekretaris Program Studi Akuntansi Program Sarjana FBE UII, Rifqi Muhammad, SE., SH., M.Sc., PhD., SAS., dan Evangeline A. Balboa, CPA, MBA dari Filipina yang ditunjuk sebagai sebagai juri Business Plan Competition. Dengan mengusung tema Gaining Profit with Considering ESG Aspect, terdapat lima kelompok terbaik terpilih untuk memaparkan materi mereka selama 10 menit.

Tim 26 yang beranggotakan Christelle Eve F. Taclass, Patricia Ella F. Gubatan dan Melanie Zandra M.Olaza dengan tema Business Plan ANI-HATID-HAIN: A Mobile Market Delivery Service” meraih sebagai juara pertama. Tim 6 yang beranggotakan Therese C. Ed los Santos, Daffaliska Azaria N. dan Abdul Hardia Amin dengan tema Eco-Tiles meraih juara kedua. Serta Tim 16 yang beranggotakan Nabilah Suyu Wardhani dan Jemmia Mukhlisa Fadila yang bertemakan “MATSA: Instant Traditional Drink Products meraih juara ke tiga. (AWH/EL)