,

Menjadi Mahasiswa Baru, Apa Saja Yang Perlu Diketahui?

Dalam memasuki tahapan perkuliahan daring mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia menggelar acara ‘FBE Menyapa’ yang bertujuan untuk memberi informasi untuk mahasiswa baru. Sesi yang dilakukan di awal acara yaitu penjelasan kefakultasan. (26/09)

Prof. Dr. Jaka Sriyana, S.E., M.Si. selaku Dekan FBE UII menyampaikan, “Salah satu indikator kualitas dari program studi dalam sebuah perguruan tinggi adalah pengakuan. FBE UII sendiri sudah mendapatkan pengakuan dari pemerintah yang diwujudkan dalam bentuk akreditasi. Delapan dari sepuluh program studi FBE UII sudah meraih akreditasi unggul dan pengakuan secara internasional. Untuk program studi manajemen mendapat pengakuan dari ABEST21 Jepang, kemudian untuk program studi Akuntansi mendapatkan sertifikasi ACCA London dan UK, dan untuk program studi pembangunan mendapatkan pengakuan dari AUN-QA ASEAN”.

Di sesi akhir acara ‘FBE Menyapa’, Sosialisasi Pembelajaran Daring, IT dan Literasi yang dipandu oleh Faaza Fakhrunnas, S.e., M.Sc. menjelaskan terkait teknis perkuliahan daring sampai sistem perpustakaan FBE UII. Mustika Noor Mifrahi, S.E.I., M.E.K. selaku ketua unit perkuliahan daring mengatakan, “Model perkuliahan yang digunakan nantinya ialah sinkron (perkuliahan yang melibatkan diskusi secara langsung) dan asinkron (sistem pembelajaran yang memiliki perbedaan waktu antara dosen dan mahasiswa). Sebagai pintu utama, Google Classroom digunakan oleh para dosen dalam memberikan informasi terkait perkuliahan”. Metode yang digunakan saat perkuliahan berlangsung ialah student centered learning,  dimana pembelajaran berpusat pada mahasiswa, sehingga peran dosen hanya sampai pengarahan dan juga pemberian umpan untuk diskusi.

Proses perkuliahan secara daring mengharuskan mahasiswa untuk melakukan presensi melalui QR Code yang disediakan oleh dosen untuk dipindai melalui akun UII Gateway. “Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan password dipakai untuk semua aplikasi yang digunakan di UII melalui single sign-on (SSO). Maka jangan sampai akun milik pribadi diberikan kepada orang lain,” pungkas Iksan Pamungkas, S.E. Informasi seputar fakultas dapat dilihat melalui laman fbe.uii.ac.id dan untuk layanan akademik, surat dan keuangan fakultas dapat diakses melalui laman fbeuii.id.

Bambang Hermawan, A.Md. menjelaskan bahwa setiap mahasiswa memiliki kuota peminjaman buku perpustakaan sebanyak tujuh eksemplar, dua untuk peminjaman buku di Perpustakaan FBE dan lima di Perpustakaan UII dengan jangka waktu peminjaman 15 hari dan dapat diperpanjang. Untuk saat ini, pengembalian buku perpustakaan dapat dilayani dengan datang ke perpustakaan. “Mahasiswa yang membutuhkan layanan perpustakaan jarak jauh dapat mengirim pesan melalui Instagram, Whatsapp dan juga email perpustakaan FBE UII,” tambahnya. (DIN/ULF).