Teknologi Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan salah satu teknologi yang sekarang ini sangat diperlukan untuk membantu berbagai jenis pekerjaan mulai dari sales, purchasing, akuntansi, inventaris, dan kolaborasi kini harus saling berkoordinasi demi mencapai hasil pekerjaan yang maksimal. Teknologi Enterprise Resource Planning (ERP) dipercaya bisa menjadi solusi dari kepemilikan yang melanda perusahaan. Layanan tersebut mampu menyuguhkan laporan bisnis dari interaksi secara real time sehingga koordinasi antar departemen bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

Untuk menjawab hal tersebut, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia mengadakan acara Business Simulation (ERP) Competition. (02/10) Kegiatan ini dipimpin oleh Istyakara Muslichah, S.E. MBA dan di pandu oleh Fajar Andriansyah. Acara ini berlangsung secara daring, para peserta diharuskan untuk bergabung kedalam link zoom yang telah disediakan oleh panitia, setelah itu mereka dibagi menjadi beberapa kelompok.  Para peserta diwajibkan untuk menyalakan kamera serta fokus dalam team atau grup masing-masing. Bobot penilaian Business Simulation (ERP) Competition meliputi: Sales 25%, Produksi 15%, MAP 25%, Profit 35%, Penalti -100%. 

Business Simulation pada awalnya merupakan serangkaian kegiatan yang ada pada mata kuliah Enterprise Resource Planning (ERP). “Ketika di kelas ERP, kita menjalankan Business Simulation tetapi hanya sampai 3 periode sedangkan sekarang kita akan mengembangkan simulasi tersebut sampai dengan 6 periode,” ujar Istyakara. Harapannya, Business Simulation ini dapat mengarahkan para mahasiswa yang mempunyai ketertarikan terhadap ERP dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk simulasi sebelum masuk ke dunia kerja. Istyakara menambahkan, “Pada Business Simulation kita memberikan situasi yang berbeda jadi harapannya teman-teman bisa mengambil keputusan sendiri terhadap perusahaan yang dijalankan”.

Kegiatan ini penting untuk menjaring mahasiswa yang berbakat dalam bidang ERP untuk mewakili Universitas Islam Indonesia di kancah nasional dan internasional ataupun bisa mendaftar sebagai Asisten Laboratorium. Keuntungan yang nantinya akan didapatkan oleh mahasiswa adalah ketika mereka telah lulus menempuh pendidikan di Universitas Islam Indonesia, mereka dapat menjadi bagian atau bergabung dalam ERP Universitas Indonesia. Ada lima kelompok yang lolos dalam lomba internal Business Simulation Competition ERP ini, yaitu ada Acalapati, Classy, Avengers, Infinity, J-Team. 

“Kriteria untuk menjadi pemenang dalam Business Simulation ini yaitu profit terbesar di akhir periode permainan, purchasing rata-rata terendah moving price untuk semua jenis buah, kualitas tertinggi untuk semua produk, dan penjualan kuantitas tertinggi pada semua produk,” tutur Istiyakara. Disini para peserta diberi waktu sekitar dua puluh menit. Dan akhirnya yang maju ke babak finalis yaitu tim Acalapati, J-team, dan Avengers. Kemudian dilanjutkan untuk perlombaan ini dan untuk juara 3 yaitu tim Acalapati mendapatkan hadiah sebesar Rp 600.000 dengan total poin sebesar 189, untuk juara 2 yaitu J-team mendapatkan hadiah sebesar Rp 800.000 dengan skor 193,25. Kemudian untuk juara 1 diperoleh Tim Avenger mendapatkan hadiah sebesar Rp 1.000.000 dengan skor 195,75. (AAR/SAR)