Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu kegiatan yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEK DIKTI) Republik Indonesia untuk menggali potensi mahasiswa dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Program ini sudah berjalan selama 34 tahun dan hingga saat ini Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia berkomitmen untuk terus berkontribusi demi menghasilkan karya dan inovasi yang berkualitas.

Menanggapi hal tersebut, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan sosialisasi PKM 2021 ‘Mencipta Inovasi, Menebar Inspirasi’ secara daring pada Jumat (10/08) dan menghadirkan Arif Fajar Wibisono, SE., M.Sc serta Andriyastuti Suratman, S.E., M.M., CHRMP sebagai pembicara. Sosialisasi tersebut diikuti secara antusias oleh 295 mahasiswa/i FBE UII.

“PKM merupakan salah satu aktivitas yang memiliki bobot terbesar dalam perangkingan perguruan tinggi oleh KEMDIKBUD/Dirjen DIKTI dan vokasi. PKM menjadi agenda prestisius kompetisi nasional mahasiswa dan sebagai tolak ukur mahasiswa. Selain itu, PKM mendorong budaya berkompetisi dan berkegiatan ilmiah di kalangan mahasiswa,” tutur Arif. PKM ini menjadi langkah awal untuk mahasiswa agar dapat melangkah menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). PIMNAS sendiri menjadi wadah dan forum diskusi tentang masalah-masalah yang tengah terjadi di tengah masyarakat.

“Beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk menuju PIMNAS, diantaranya yaitu pelaksanaan PKM yang baik, mulai dari detail perancangan sampai implementasi sesuai proposal, dokumentasi seperti logbook, laporan kemajuan, laporan akhir, hingga artikel,” jelas Arif. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa output yang dihasilkan perlu diperhatikan dengan cermat, baik dari segi kreativitas produknya, maupun publikasi artikel ilmiahnya.

Andriyastuti Suratman, SE., MM. menjelaskan bagaimana ketentuan terhadap Kompetisi Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa 2021. Ketentuan yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif  FBE UII yang tidak sedang menempuh tugas akhir dan diperbolehkan lintas disiplin ilmu atau lintas angkatan. Terdapat delapan skema untuk kompetisi penulisan proposal. Namun, untuk tingkat FBE pada saat ini diwadahi hanya empat skema yaitu PKM Penelitian, PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian Masyarakat dan PKM  Gagasan Tertulis.

Andriyastuti menjabarkan empat buku pedoman yang dapat menjadi acuan dalam pembuatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), yang telah dijelaskan secara detail bagaimana sistematika format penulisan umum proposal yang baik, seperti penyebutan nama yang ditulis lengkap, tipe huruf, jarak teks, layout dan halaman inti yang maksimal 10 halaman.

“Ini bukan sekedar kita mempunyai mimpi lalu mengawang-awang. Namun, berangkat dari kondisi yang realistis seperti apa,” ujar Andriyastuti. Dalam hal ini, diharapkan dari Program Kreativitas Mahasiswa ini dapat menghasilkan konsep perubahan atau pengembangan. (NFF/AD)