,

Business Talk: Lejitkan Kreativitas, Maksimalkan Passion menjadi Profit

Dalam rangka memfasilitasi mahasiswa yang ingin mengetahui lebih dalam tentang wawasan bisnis dan ekonomi terkini untuk melahirkan ide-ide inovatif, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) menyelenggarakan Business Talk atau BizTalk yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan tahunan Business Festival for Z Generations (BizFEZ), (15/11). Tema BizTalk kali ini adalah “From Passion to Creation” yang secara umum mengangkat isu tentang langkah untuk terus berkreasi dengan passion yang dimiliki oleh masing-masing individu untuk tetap menoreh prestasi di tengah pandemi.

BizTalk 2021 turut mengundang pembicara Dinda Lourensia, seorang sociopreneur yang juga merupakan alumni FBE UII. Dinda membawakan topik “How to Know and Upgrade Your Passion and Creativity”. Agar mahasiswa dapat memanfaatkan passion mereka secara maksimal, Dinda membagikan tiga tips yang telah ia jalani, di antaranya: (1) Ketahui kelebihan dan kekurangan masing-masing individu, (2) Lakukan kebiasaan-kebiasaan baru yang dapat membantu individu untuk tumbuh secara positif, dan (3) Carilah teman yang akan selalu memberikan motivasi. Tak hanya itu, Dinda juga memberikan motivasi untuk para mahasiswa yang sedang berusaha untuk mencari passion mereka, “A step still count as progress”.

Selaras dengan hal tersebut, Gadis Rafidha yang juga hadir sebagai pembicara BizTalk 2021 turut membagikan pengalamannya. Gadis Rafidha merupakan seorang content creator dan millennial influencer. Pada sesi BizTalk kali ini, Gadis membawakan topik “Passion to Profit” yakni perjalanannya mendapatkan ladang income tambahan dengan memaksimalkan passion yang dimiliki.

Passion apapun yang kamu miliki berpotensi untuk menjadi tambahan sumber pendapatan jika kamu bisa memberikan added value. Pilih salah satu passion yang paling kamu minati, tekuni, dan jadilah profesional,” tuturnya. Gadis menekankan pentingnya menambahkan added value sebab hal ini menjadi nilai plus sekaligus pembeda antara kita dan rekan lainnya di bidang yang sama. “Untuk memaksimalkan passion yang kamu miliki agar menjadi profit, perlu diingat bahwa konsistensi menjadi kunci, sekecil apapun progress yang kamu lakukan setiap hari, yang terpenting tetap konsisten untuk terus mengasah passion dan menjadi profesional di bidang tersebut. Selain itu, jangan pernah menutup diri dan anti terhadap perubahan, belajarlah untuk cepat beradaptasi terhadap tren perubahan yang serba cepat, terlebih di era digital saat ini,” imbuh Gadis.

Sebagai penutup, kedua pembicara BizTalk kali ini berpesan bahwa sebagai mahasiswa, kita harus terus mengeksplorasi dan mengasah passion yang dimiliki. “Penting juga untuk diingat bahwa kegagalan adalah hal yang biasa dalam proses, tidak sepatutnya kita mudah menyerah, habiskan jatah gagal selagi masih muda, eksplorasi hal-hal positif selama duduk di bangku kuliah, dan berikan usaha terbaik dalam setiap kesempatan untuk memaksimalkan passion yang kamu miliki,” pungkas Gadis dan Dinda menutup acara. (DSN/DWI)