,

Wujudkan Global Experience, FBE UII Kirim Mahasiswa ke Turki

International Student Mobility (ISM) yang menjadi kegiatan tahunan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) pada tahun 2021 ini diselenggarakan secara luring dengan dua kegiatan yang berbeda yakni mini conference dan short course bersama dua universitas ternama di Turki. Dalam kegiatannya, universitas yang telah menjalin kerja sama dengan UII berada di dua kota yang berbeda, diantaranya yaitu Anadolu University yang berada di Kota Eskişehir, Koç University dan Marmara University yang terletak di Kota İstanbul. Dalam pelaksanaannya, FBE UII mengirimkan 38 mahasiswa Program Internasional dari tiga program studi berbeda yakmi Manajemen, Akuntansi dan Ilmu Ekonomi yang didampingi oleh tiga dosen. Tidak hanya mengunjungi universitas saja, para peserta ISM juga melakukan kunjungan industri ke salah satu pabrik minyak zaitun di Kota Bursa.

Mohammad Bekti Hendrie Anto, S.E., M.Sc. selaku dosen dari program studi Ilmu Ekonomi, menyampaikan, “ISM adalah kewajiban bagi mahasiswa program internasional UII, ada beberapa alasan mengapa kita memilih Turki sebagai tempat kunjungan ISM; (1) Turki adalah negara yg relatif maju,  kombinasi Eropa dan Asia, (2) Turki adalah negara Muslim yg kaya akan warisan kejayaan Islam (Kekhalifahan Turki Utsmani), (3) Karena UII telah memiliki MoU kerjasama dengan mereka. Banyak lesson learning dari ISM ini, baik soal perjalanannya maupun dr kunjungannya”.

Kegiatan pertama yang dilakukan di Anadolu University adalah mini conference yang melibatkan presentasi tiga perwakilan mahasiswa dari masing-masing program studi dengan tiga tema berbeda, yaitu Applying Management Theory Analysis Into Real Life, Entrepreneurship dan Money Emotionally. Tidak berhenti sampai di situ, salah satu dosen dari Anadolu University juga turut memaparkan materinya terkait dengan Technology, Innovation & Entrepreneurship Ecosystem dan ditutup dengan sesi diskusi.

Demikian pula pada kunjungan para peserta ISM di Marmara University, yang merupakan public university. Salah satu dosen dari Marmara University juga membagikan materi tentang bagaimana para pelajar internasional belajar di universitas Marmara.

Beralih ke kampus terakhir, para peserta ISM diberikan kegiatan short course yang diisi oleh salah satu dosen dari Koç University, dengan materinya yang berjudul “Trends in tech & Digital Entrepreneurship”. Kegiatan ini dilakukan seperti layaknya proses perkuliahan luring biasanya. Perlu diketahui bahwa Koç University merupakan salah satu universitas terbaik, dibuktikan dengan penghargaan yang berhasil menduduki peringkat pertama di Turki oleh Times Higher Education World University Rankings 2021 dan QS World University Rankings 2021. 

Harapannya, hubungan antar ketiga universitas yakni UII, Anadolu University dan Koç University dapat terjalin dengan baik di masa depan. Output dari hasil kerja sama ini akan dilanjutkan dengan kunjungan yang akan dilakukan oleh beberapa dosen dan pihak lembaga dari FBE UII yang diperkirakan akan berlangsung pada bulan Desember 2021. (ULF/DIN)