,

Penghujung Tahun 2021, Akuntansi FBE UII Kembali Gelar UII Business Competition

Prodi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia kembali menghadirkan UII Business Competition. Berbeda dengan acara yang diselenggarakan tahun 2019 lalu, pada tahun ini UII Business Competition menawarkan satu jenis lomba tambahan yang diperuntukkan bagi siswa/i SMA serta para guru. Dengan jargon “UII BAC, Juara!”, acara ini dapat menggaet 120 tim lomba dari berbagai wilayah di tanah air Indonesia, serta 10 tim memeriahkan acara puncaknya di FBE UII, yang mana juga dihadiri oleh Dr. Mahmudi, SE., M.Si., CMA., Ketua Program Studi Akuntansi Program Sarjana FBE UII, Sabtu (18/12).

Masa pandemi ini juga tidak menghambat berjalannya acara yang diselenggarakan secara luring dan daring. “Selamat datang finalis 10 besar UII Business Competition. Terima kasih bagi semua peserta, baik dari Makassar, Riau, Surabaya, Jogja, maupun daerah lainnya yang dapat mengikuti kegiatan ini baik secara luring ataupun daring,” ucap Mahmudi menyambut acara. “Selamat bagi semua peserta. Semoga hari ini dapat menjadi hari kebangaan teman-teman sekalian,” lanjutnya.

Terdapat empat jenis kegiatan yang dilombakan, yakni Busines Education Competition, Business Plan Competition, Reels Video Competition, serta Infographic Poster Competition. Tidak hanya diikuti oleh siswa/i SMA. Namun, para guru juga ikut memeriahkan ajang kompetisi yang berhadiahkan total Rp 100.000.000,- ini. Banyaknya peserta, membuktikan bahwa kegiatan semacam ini memang berkualitas dan sangat bermanfaat.

Kualitas kegiatan ini juga ditunjang oleh Prodi Akuntansi FBE UII yang memang unggul. “Akuntansi memiliki akreditasi unggul dan telah terakreditasi ACCA (Association of Chartered Certified Accountants). Saat ini Prodi Akuntansi sedang mengajukan akreditasi internasional,” ungkap Mahmudi. Bukan hal yang mengherankan apabila terdapat beberapa mahasiswa Akuntansi FBE UII yang juga dapat meraih dua gelar sarjana (Double Degree) dalam satu waktu, yakni dua tahun di Indonesia dan dua tahun kemudian di luar negeri. “Terdapat International Program. Teman-teman bisa berkuliah di luar negeri, seperti di Queensland University, Nanjing University, ataupun melakukan study exchange di Universiti Putra Malaysia, International Islamic University Malaysia, dan juga Anadolu University di Turki,” tambah Mahmudi menjelaskan keunggulan Prodi Akuntansi FBE UII.

Banyak alumni dari Prodi yang memiliki slogan “Akuntan masa kini, kuliahnya ya di UII” ini telah memiliki kiprah sangat bagus dalam dunia kariernya. “Direktur BRI pusat saat ini yang menjabat adalah salah satu Alumni FBE UII. Banyak pula alumni lain yang berkancah di lembaga keuangan yang berpusat di Jakarta,” pungkasnya menutup sambutan, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi presentasi Business Plan peserta. (MHA/FSR)