,

Pemilihan Rektor UII: Jaka Sriyana dan Zaenal Arifin wakili FBE sebagai Calon Rektor

Menyambut pergantian Rektor baru Universitas Islam Indonesia periode 2022-2026, Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII mengadakan acara penjaringan bakal calon dan pemilihan calon Rektor. Dengan dihadiri oleh puluhan pemilih yang terdiri dari sejumlah dosen tetap, tenaga kependidikan fakultas, dan perwakilan lembaga kemahasiswaan, acara ini diharapkan dapat berguna untuk menentukan pemimpin yang akan sukses membangun UII kedepannya, (24/1).

Menurut Pimpinan Rapat pada kegiatan Penjaringan Bakal Calon Rektor, Arief Rahman, S.E, M.Com., Ph.D., kegiatan ini merupakan tahap pemilihan pertama dari seluruh rangkaian pemilihan Rektor UII. “Pemilihan ini adalah untuk menentukan Calon Rektor yang merupakan wakil FBE UII dengan memilih dari daftar Bakal Calon Rektor yang berasal dari FBE UII” ujar Arief. Menurutnya, dua peraih suara tertinggi pada Penjaringan Bakal Calon Rektor akan mewakili FBE dalam pemilihan Calon Rektor.

Adapun proses pemilihan Rektor ini mengacu pada Peraturan Nomor 01 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemilihan Rektor dan Wakil Rektor Universitas Islam Indonesia tahun 2022. Adapun serangkaian acara yang diadakan guna mensukseskan kegiatan pemilihan Rektor. Proses pemilihan Rektor sebenarnya telah dimulai dari sejak September 2021 yang lalu, ditandai dengan tpengumuman daftar pemilih sementara (DPS), disusul dengan pengumuman daftar pemilih tetap (DPT), hingga akhir rangkaian acara yakni pemilihan Wakil Rektor oleh Senat Universitas yang akan diselenggarakan pada 28 Maret 2022.

Arief menambahkan bahwa keikutsertaan para pemilih dalam pemungutan suara ini juga dapat diasosiasikan sebagai bentuk tanggung jawab sivitas akademika kepada UII. “Menimbang bahwa kegiatan ini sangat penting untuk menentukan masa depan UII, maka partisipasi pemilih merupakan bukti cinta pada UII”, terangnya. Hal ini merupakan penekanan pada slogan yang ditetapkan pada rangakaian kegiatan Pemilihan Rektor UII 2022-2026, yakni “Suarakan Aspirasi, Pilih dengan Hati Nurani, Karena ikut memilih, Jadi Bukti Cinta pada UII”.

Pada akhir proses penghitungan suara, panitia menetapkan dua kandidat peraih suara terbanyak yang akan mewakili FBE dalam pemilihan Calon Rektor pada 31 Januari 2022 mendatang. Dua Bakal Calon Rektor yang terpilih tersebut adalah Prof. Jaka Sriyana, S.E., M.Si., Ph.D. yang saat ini merupakan Dekan FBE dan Dr. Zaenal Arifin, S.E., M.Si. yang merupakan saat ini merupakan Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Pengembangan Karier UII.

(VYA/FSR)