Program Studi Akuntansi Program Diploma

Jurusan Akuntansi

Program Studi Akuntansi Program Diploma (Diploma III Akuntansi) Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII merupakan salah satu program diploma di bidang akuntansi terbaik di Indonesia. Akreditasi UNGGUL menjadikan Program Studi Akuntansi Diploma III FBE UII sebagai salah satu  prodi unggulan yang bertujuan untuk menyiapkan lulusan profesional madya di bidang akuntansi yang siap kerja, siap dikembangkan, bertakwa, berakhlak mulia, dan taat menjalankan syariat Islam.

Diploma III Akuntansi telah mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu pada KKNI dan SKKNI sebagai salah satu strategi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri dan menguasai keahlian di bidangnya. Selain itu, kurikulum yang dikembangkan dapat mengakomodir kebutuhan di era industri 4.0 dan financial technology bidang akuntansi yang terus berkembang.

Diploma III Akuntansi telah menjalin kerjasama dengan berbagai mitra antara lain Kantor Akuntan Publik, Konsultan Pajak, Asosiasi UMKM, dan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi. Kerjasama tersebut terjalin guna melaksanakan program yang unggul untuk menghasilkan lulusan yang kompeten. Beberapa program unggulan diantaranya adalah pelaksanaan kegiatan magang sesuai dengan bidang kompetensi, kegiatan penunjang pendidikan, kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Profesi bagi mahasiswa.

Proses pembelajaran di Diploma III Akuntansi diampu oleh tenaga pengajar baik dari akademisi maupun praktisi yang handal dan berpengalaman di bidang akuntansi. Selain itu, Diploma III Akuntansi  juga menyediakan sarana dan prasarana yang memadai antara lain laboratorium akuntansi manual, laboratorium pengauditan berbasis teknologi, laboratorium perpajakan, laboratorium Enterprise Resources Planning, dan sarana pendukung lainnya. Prodi melakukan pengembangan softskills mahasiswa melalui berbagai kegiatan penunjang di luar perkuliahan.

Dukungan penuh dari Prodi Diploma III Akuntansi telah menghasilkan beragam prestasi akademik dan non akademik baik di tingkat nasional maupun internasional antara lain adalah Gold Medals International Invention, Innovation, and Design Competition (INDES) UiTM Malaysia 2017 dan 2019, juara 1 Business Plan tingkat nasional pada Olimpiade Vokasi Nasional IPB 2017, presenter pada International Conference on Economics and Social Sciences (ICESS) di Polandia, dan juara 2 Business Plan tingkat nasional pada Olimpiade Vokasi Nasional UNAIR 2018, juara 2 LKTI Andalas Accounting National Events 2019, juara 3 LKTI Sharia Economic Fair 5th UIN Sunan Kalijaga 2019, dan juara 3 Lomba PKM Pengabdian Masyarakat FBE UII 2020.

Peluang Karir

Lulusan Program Studi Akuntansi Diploma III FBE UII memiliki peluang karir yang cukup luas sebagai teknisi akuntansi perusahaan di berbagai sektor  industri baik jasa, ritel, manufaktur maupun di instansi pemerintah. Selain itu, lulusan juga dapat berkarir sebagai teknisi akuntansi di bidang pengauditan,  bidang  perpajakan, serta sebagai  pelaku usaha (entrepreneur).

Keunggulan

  • Akreditasi UNGGUL dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).
  • Kurikulum yang up to date dan mengacu pada KKNI dan SKKNI.
  • Dosen yang berpengalaman dan kompeten dibidangnya.
  • Akuntansi UMKM dan Sistem ERP sebagai local genius prodi.
  • Kerjasama yang luas dengan industri .
  • Program magang mahasiswa pada industri yang relevan.
  • Sertifikasi kompetensi profesi bagi mahasiswa dengan lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
  • Laboratorium mini bank, Laboratorium Akuntansi Manual, Laboratorium Komputer sebagai fasilitas yang mendukung kegiatan praktik dan pengembangan kompetensi mahasiswa
  • Tersedia beragam beasiswa dari internal maupun eksternal Prodi

Profil Lulusan

Lapangan pekerjaan lulusan program ini sangat luas, yaitu berbagai jenis industri yang menerapkan akuntansi, baik sektor publik maupun swasta. Lulusan dari program ini diharapkan mampu menjadi teknisi Akuntansi yang menempati posisi jabatan:

  • Accounting Officer, merupakan ahli madya yang bertugas menyusun laporan keuangan berdasarkan dokumen sesuai standar akuntansi keuangan yang berlaku baik pada entitas tunggal maupun entitas yang memiliki satu anak perusahaan secara manual maupun berbasis teknologi yang menjalankan tugasnya berlandaskan pada nilai-nilai Islam, kompeten, memiliki integritas dan adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi.
  • Tax Officer, merupakan Ahli madya yang bertanggung jawab atas penyusunan dan pelaporan perpajakan berdasarkan peraturan yang berlaku dalam menjalankan tugasnya berlandaskan pada nilai-nilai Islam, kompeten, memiliki integritas dan adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi.
  • Junior Auditor, merupakan Ahli madya yang berperan dalam menjalankan prosedur audit dibawah arahan senior auditor berdasarkan standar audit yang berlaku dalam menjalankan tugasnya berlandaskan pada nilai-nilai Islam, kompeten, memiliki integritas dan adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi.
  • Accounting Information System Officer, merupakan Ahli madya yang mampu melaksanakan pekerjaan pada bidang sistem informasi akuntansi pada perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur yang menjalankan tugasnya berlandaskan pada nilai-nilai Islam, kompeten, memiliki integritas dan adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi
  • Government Accounting Officer, merupakan Ahli madya yang mampu menjalankan pekerjaan dibidang akuntansi pada sektor pemerintah sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan yang berlaku dalam menjalankan tugasnya berlandaskan pada nilai-nilai Islam, kompeten, memiliki integritas dan adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi
  • Entrepreneur, merupakan Ahli madya yang mampu menyusun rencana dan mengoperasikan sebuah bisnis/usaha berlandaskan pada nilai-nilai Islam, kompeten, memiliki integritas dan adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi

Akreditasi

BAN-PT: Unggul

Strata Program

Diploma Tiga (D III)

Gelar

A.Md.Ak.

Durasi Studi

6 semester
(perkiraan – full time)